Lokasi Shalat Ied 1435 H di Pekanbaru

Encik & Puan bingung nak cari tempat shalat Ied besok (28/7), berdasarkan data dari Kemenag Kanwil Pekanbaru terdapat 239 lokasi yang akan digunakan untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Untuk tiap kecamatan disediakan minimal satu lokasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri yang besar dan dapat menampung banyak jemaah.

Berikut lokasi Shalat Ied :

  • Pekanbaru Kota
  • Halaman Kantor Gubernur Riau dan Masjid Annur
  • Lima Puluh Kota
  • Lapangan Sitirejo, Jalan Hasanuddin
  • Sail
  • Lapangan Sekolah Polisi Negara, Jalan Pattimura
  • Senapelan
  • Lapangan Bukit, Jalan Panglima Undan
  • Sukajadi
  • Mesjid Ar-Rahman, Jalan Jendral Sudirman
  • Rumbai Pesisir
  • Lapangan Dakwah Chevron
  • Rumbai
  • Lapangan Politeknik Chevron Riau
  • Payung Sekaki
  • Lapangan Masjid As Syakirin
  • Tampan
  • Lapangan Masjid Istiqomah
  • Bukit Raya
  • Lapangan Masjid Nurusallam
  • Marpoyan Damai
  • Lapangan NDP Simpang Tiga
  • Tenayan Raya
  • Lapangan Masjid Baiturrahim

Demikian lokasi pusat shalat Ied di tiap kecamatan di Pekanbaru, jike Encik & Puan merasa lokasi tersebut jauh kat rumah sile ke mesjid terdekat je. Selamat hari lebaran, minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir & bathin :)

Festival Lampu Colok Meriah

Festival lampu colok merupakan tradisi kebudayaan Melayu yang tak lapuk dimakan zaman. Even tahunan Pemko sejak tahun 1995 ini diadakan pada malam ke-27 Ramadhan atau bertepatan pada tanggal 24 Juli kemarin. Untuk tahun ini, kawasan Purna MTQ ditunjuk sebagai tempat kegiatannya.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Walikota Pekanbaru H Firdaus MT didampingi Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi. Seperti beberapa tahun sebelumnya, kegiatan yang ditaja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru ini diikuti seluruh kecamatan yang ada di Pekanbaru.

Festival lampu colok ini dibuka dengan tarian lampu colok, kemudian Walikota menyulut lampu colok yang membentuk Jembatan Siak III. Walikota berharap agar momen ini tetap dipertahankan, karena festival ini juga berguna untuk memperkaya khasanah budaya Melayu dalam upaya menggali dan mendalami budaya sendiri. Tak kan melayu hilang di bumi :)

Info Kuliner Pekanbaru

Restaurant

1. KFC

  • KFC Sudirman (0761) 857419
  • KFC Ciputra: (0761) 868648
  • KFC SKA :(0761) 864007

2. Serabi Enhaii

  • (Sudirman ) 0761-856666

3. Pizza Hut

  •   (Giant)7629490/7629501
  • Sudirman Pekanbaru (0761) 7076451

4. Ayam Penyet Pemuda Semarang

  • Sisingamaraja 082171440061

5. Pendowo

  • Sisingamaraja (0761) 84936
  • Jl Teuku Umar 68 telp (0761)7079966

6. Bakso Lapangan Tembak

  • Ciputra 868691

7. Iga Bakar Jogja 0761 98 433 45
8. D’cost 0761839411

 
9. Waroeng Steak

Jl T. Tambusai 0761-7788401
10. Rice Bowl

  • Ciputra 0761-868846,
  • SKA 0761-864314

11. Koki Sunda 0761)849998

 
12. Roso Lawas (0761)38953

 
13. Bebek Goreng H. Slamet : (0761) 44886 / (0761) 9843317

 
14. Kota Buana

  • Jl Riau 100 076127217.
  • Jl Sekolah 0761556365
  • Jl Hos Cokroaminoto 16 076122874

15. Ayam Goreng Suharti Jl Riau 38-40, telp (0761)21635

 
16. Pondok Patin HM Yunus Jl Kaharuddin Nasution 1, telp (0761)674796

 
17. Serba Nikmat Jl Riau 147, telp (0761)322285

 
18. Bebek Goreng Pasundan Jl Diponegoro 23, telp (0761)856097
Toko Kue/Oleh-oleh

  1. Takadeli     (0761) 7777764
  2. Kembang Sari (0761) 34268
  3. L’Cheese Factory (0761)22791

 

Info Travel Pekanbaru

Bagi Encik & Puan yang nak pulang ke kampung halaman,berikut nomor travel yang dapat dihubungi.

Pekanbaru – Padang

Nusa Mulya   

  • PKU (0761) 7077232
  • (PDG) 07517054974

Dipo Travel   

  •  PKU (0761) 862243
  • PDG(0751) 40149, 0751 7876186 ,

Pekanbaru – Dumai

Karya Maju 

  • (0761) 47133

Pekanbaru – Jambi

PO. Ratu Intan Permata

  • (0761) 7777890 / 862016
  • (0741) 7556027 / 27876 Fax 27696

PO. TOP

  • (0761) 34762 / 856488
  • (0741) 40653 / 43160

 

Pekanbaru – Palembang

Ratu Intan

  •  (0711) 318446
  • (0711) 357780
  • (0711) 365466
  • (0711) 373530

*Palembang – Jambi – Pekanbaru (PP)

Pekanbaru – Rengat

Prima Travel
Pekanbaru-Rengat-Belilas

  • (0761) 7049127
  • (0769) 7017997

Sentral Travel
Pekanbaru-Rengat

  • (0761) 7016882
  • (0769) 7006008 / 21301

Asri Gemilang Travel
Pekanbaru-Rengat-Tembilahan

  • (0761) 3038777
  • (0768) 23375

 

 

Jadwal Operasional Bank Selama Libur Lebaran

1. Bank Mandiri

Jadwal libur: 28 – 31 Juli 2014

Aktif kembali: 1 Agustus 2014

2. BCA

Jadwal libur: 26 – 31 Juli 2014

Aktif kembali: 1 Agustus 2014

3. BRI

Jadwal libur: 26 – 31 Juli 2014

Aktif kembali: 1 Agustus 2014

4. BNI

Jadwal libur:  29 Juli – 1 Agustus 2014

Aktif kembali: 4 Agustus 2014

Mobil BNI Layanan Gerak : SPBU Kubang,  Jl. Kubang Garuda Sakti – 29 Juli 2014 – 01 Agustus 2014

5. Bank Indonesia

Jadwal libur: 28 – 31 Juli 2014

Aktif kembali: 1 Agustus 2014 (beroperasi terbatas)

6. BII

Jadwal libur: 26 – 31 Juli 2014

Aktif kembali: 1 Agustus 2014

Beberapa Bank memang tetap buka saat lebaran, tapi hanya operasional terbatas di cabang-cabang tertentu dan baru efektif tanggal 1 Agustus 2014.

Nanti Malam, Festival Lampu Colok DIbuka Wako

Sekitar pukul 21.00 WIB nanti malam, Wali Kota Pekanbaru H Firdaus bersama Wakil Wali Kota H Ayat Cahyadi dijadwalkan bakal membuka secara resmi festival lampu colok. Agenda tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru kali ini dipusatkan di Lapangan Purna MTQ, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bukitraya.

Festival lampu colok ini dihelat pada malam 27 Ramadan 1435 Hijriah. Festival ini akan dilaksanakan berturut-turut selama tiga malam, yakni Kamis-Sabtu (24-26/7), yang diikuti oleh 12 kecamatan.

Drs H Hermanius MM, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru, mengatakan kegiatan festival lampu colok ini akan dinilai oleh dewan juri selama dua hari, dengan mendatangi setiap kecamatan.

Yuk mari Encik & Puan kite beramai-ramai tengok festival tahunan ini :)

Tips Mudik

Encik & Puan nak pergi mudik ke? Berikut ini tips mudik ala infoPKU:

  • Pastikan Encik & Puan memiliki kampung halaman
  • Ha, macam mana pulak nak balek kampung kalau kampung halaman tak ade? :))
  • Gunakan kendaraan yang aman & nyaman
  • Sebelum nak berangkat, pilihlah kendaraan yang akan digunakan dengan bijak. Entah itu kendaraan pribadi atau transportasi umum :)
  • Berangkatlah sesuai waktu yang telah ditentukan
  • Nah, ini yang penting Encik & Puan. Jangan pule berangkat pas masih keje, minte cuti dulu baru nak balek kampung :))
  • Bawa uang & perlengkapan mudik seperlunya
  • Iyelah, tak mungkin berangkat tak bawa uang :))
    Bawa uang secukupnye je, kan bise ambil di ATM.
    Bawa perlengkapan juge seperlunye, tak mungkin parabola nak dibawe juge :)) *korban iklan*
  • Jika dirasa perlu bawa peta arus mudik 2014
  • Untuk beberapa lokasi mudik yang dirasa rawan longsor atau rawan kemacetan, bawa peta arus mudik 2014 bisa jadi pilihan yang bijak. Peta arus mudik bisa didapatkan di toko buku Gramedia :)
    
    Walaupun jaman dah canggih, bise tengok GPS, Gmaps, Waze dll tapi tak ade gune kalau tak de jaringan internet :))
    Jika sesat betanyelah pada penduduk setempat, malu betanye sesat di jalan..
  • Cek kondisi terakhir rumah sebelum berangkat
  • Cek listrik, air dan kompor gas sebelum berangkat mudik. Kunci jendela dan pintu rapat-rapat. Saat mudik, rumah yang ditinggalkan rawan disantroni maling. Waspadalah!!
  • Pastikan kondisi fit jika mudik menggunakan kendaraan pribadi
  • Sebelum berangkat pastikan kondisi sedang fit, terutama untuk supir. Jangan bawa kendaraan dalam keadaan sakit apalagi mengantuk. Jika memungkinkan ajaklah orang yang bisa jadi supir cadangan :)
  • Selalu mematuhi peraturan lalu lintas
  • Selalu patuhi peraturan lalu lintas!! Bukan hanya untuk keselamatan diri, tapi juge untuk menghindari biaya tambahan (baca: kene tilang pakpol)
  • Jika dirasa lelah beristirahat sejenak
  • Jika anda supir dan merasa lelah beristirahatlah sejenak, begitu pulih baru jalan lagi.

Demikian tips mudik ala infoPKU, semoga bermanfaat :)

Sejarah Lampu Colok

Encik dan Puan dah tau Festival Lampu Colok kan? Tradisi ini biasanya dilakukan pada 27 Ramadhan sampai dengan 30 Ramadhan dalam menyambut malam takbir dan lebaran.

Dalam bahasa Melayu, colok itu berarti alat penerang. Penamaan colok oleh masyarakat melayu ini disebut “pelite” atau “pelito” yakni sejenis lampu teplok yang menggunakan sumbu kompor memakai minyak tanah sebagai bahan bakar penerangnya.

Tradisi ini sendiri berawal dari keinginan masyarakat melayu untuk memberikan penerangan di bulan ramadhan, sekaligus merupakan syiar Islam sebagai hiasan – hiasan lampu yang ada selalu bernuansakan Islami.

Pada awalnya masyarakat melayu menggunakan penerangan colok ini sebagai hiasan di depan rumah, terutama dalam menghadapi malam lailatul qadar.

Seperti yang kita jumpai saat ini, ada beraneka macam bentuk colok. Ada yang terbuat dari kaleng ataupun botol bekas minuman bekas, bambu yang telah diberi sumbu hingga colok yang dibuat khusus seperti tabung yang terbuat dari seng dan alumunium.

Kemudian lampu colok tersebut disusun hingga menyerupai kubah – kubah masjid dan hiasan kaligrafi.

Untuk melestarikan tradisi ini, maka tiap 27 Ramadhan diadakan Festival Lampu Colok. Festival Lampu Colok ini dapat di jumpai diseluruh daerah di Provinsi Riau. Festival lampu Colok merupakan khasanah warisan Budaya tempo dulu yang bertahan hingga saat ini. Bahkan Festival Lampu Colok kini telah menjadi agenda Wisata bagi beberapa Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau.

Festival Lampu Colok 2014

Sumber: skyscrapercity.com
Sumber: skyscrapercity.com

Seperti tahun-tahun yang lalu, kali ini Festival Lampu Colok diadakan oleh Pemko Pekanbaru di Kecamatan Bukit Raya yang ditunjuk sebagai tuan rumah even tahunan tersebut.

Seperti yang dikutip dari MCRiau, untuk memeriahkan even ini, Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengatakan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pekanbaru menyiapkan segala sesuatu untuk membantu tuan rumah.

Walaupun Kecamatan Bukit Raya ditunjuk sebagai tuan rumah Festival Lampu Colok, kecamatan lainnya juga diminta untuk membuat kegiatan serupa. Demikian yang diutarakan oleh Kepala Disbudpar Pekanbaru, Hermanius.

Lampu colok merupakan penerangan sederhana yang dibuat dari botol kaca atau kaleng kecil kemudian diberi sumbu dan minyak tanah sebagai bahan bakarnya. Kemudian botol-botol ini disusun membentuk masjid yang menghiasi setiap sudut kota di Pekanbaru.

Festival Lampu Colok merupakan budaya tradisional warisan masyarakat Melayu. Even tahunan ini biasanya diadakan mulai 27 Ramadhan sampai dengan 30 Ramadhan untuk memperingati malam Lailatul Qadar dan menyambut gembira datangnya Hari Raya Idul Fitri.

You might also likeclose