Coaching Clinic KPID Riau, Undang Konten Kreator Lokal

0
69
Coaching Clinic KPID Riau

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Riau (KPID) menggelar coaching clinic bersama Transmedia di Hotel Prime Park Pekanbaru, Selasa (26/9/2023) lalu.

100 Konten Kreator Pilihan

Coaching clinic yang digelar KPID Riau itu dimulai pukul 09.00-17.00 WIB, dengan mengundang 100 konten kreator asal Riau. Adapun 100 peserta itu adalah para konten kreator yang telah dipilih dari sekian banyak pendaftar.

Dimana sejak dibukanya link pendaftaran, telah diterima lebih dari 200 konten kreator yang berminat untuk mengikuti kegiatan pada hari itu.

Kegiatan ini dibuka dengan wawasan seputar Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Sistem Penyiaran Indonesia. Kemudian para konten kreator diajak untuk melihat sisi lain dari penyelenggaraan penyiaran Indonesia yang belum mumpuni hingga ke pelosok Indonesia.

Wakil Ketua KPI Pusat Mohammad Reza menjelaskan bahwa dalam perjalanannya ke daerah pelosok Indonesia, banyak masyarakat yang masih bersusah payah untuk menerima informasi.

“Jangankan untuk menerima sinyal ponsel, siaran televisi belum merata di sana,” ujarnya.

Sehingga salah satu upaya KPI untuk memberikan solusi tersebut adalah dengan kehadiran era tv digital.

Bertanggung Jawab Atas Konten

Sesi kedua pada hari itu dilanjutkan oleh para perwakilan pihak Transmedia. Yang dibawakan oleh Moderator Ayu Rahmawati Warsono (News Anchor CNN Indonesia), Alfin Rahardjo (Senior News Anchor CNN Indonesia), Mira Khairunnisa (Kepala Departemen Magazine & Information TRANS7), dan Mujahid Hanifah (Digital Marketing Trans TV).

Bersama dengan pihak Transmedia, konten kreator Riau diajak untuk menjadi kreator yang bertanggung jawab atas konten yang dihasilkan.

Selain itu, para pemateri menjelaskan secara detail mengenai tugas dan tanggung jawab yang baik serta benar dari sisi jurnalistik.

Para konten kreator daerah merupakan sumber informasi yang memadai, oleh sebab itu kearifan dan budaya di daerah masing-masing perlu untuk diangkat ke kancah nasional.

Namun sebelum itu, konten kreator perlu adanya bimbingan untuk melihat bagaimana konten menarik yang dapat menembus kancah nasional.

Pihak Transmedia tak segan untuk membagikan trik dari sisi pengalaman mereka bertahun-tahun di dunia pertelevisian.

Setelah coaching clinic itu selesai, acara ditutup dengan foto bersama pihak penyelenggara, pihak Transmedia, serta 100 konten kreator Riau.

Ke depannya, diharapkan di Riau semakin banyak acara-acara yang membahas sisi digital marketing dan konten agar para kreator terus mendapatkan ilmu dan wawasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.