Jaringan Internet IndiHome Down Pada Rabu (21/12/2022)

42
Jaringan Internet IndiHome

Pada Rabu (21/12/2022) sore hari tepatnya pada pukul 16.24 WIB. Jaringan internet IndiHome dan operator seluler Telkomsel dilaporkan mengalami down atau tumbang.

Pengguna dari layanan IndiHome dan juga Telkomsel melampiaskan keluhannya di media sosial terkait tumbangnya jaringan perusahaan BUMN tersebut.

Terjadi di Beberapa Wilayah Indonesia

Gangguan internet IndiHome dan Telkomsel ini tampaknya terjadi secara massal  di beberapa wilayah Indonesia.

Dari hasil pantauan di media sosial twitter, terdapat beberapa wilayah Indonesia yang penggunanya merasakan jaringan IndiHome dan juga Telkomsel mengalami down di antaranya Jabodetabek, Bali, Garut, Bandung, Yogyakarta, hingga Papua.

Dilihat dari data situs Downdetector, jaringan internet pada  IndiHome dan Telkomsel dilaporkan down pada sekitar pukul 16.24 WIB. Laporan gangguan di situs ini terus meningkat dan mencapai puncaknya pada pukul 16.54 WIB dengan jumlah laporan sebanyak 1.005 laporan untuk IndiHome dan 1.108 laporan untuk Telkomsel hingga pada pukul 16.56 WIB.

Ketiadaan Sinyal Seluler serta Hilangnya Koneksi

Kebanyakan laporan dari pengguna ialah terkait ketiadaan sinyal seluler sampai hilangnya koneksi internet jaringan Indihome maupun Telkomsel. Kemudian, pengguna juga melaporkan bahwa koneksi terputus antara Indihome ke TV Kabel.

Tanggapan dari Telkom dan Telkomsel

Adapun tanggapan dari pihak Telkom adalah sedang dalam pengecekan untuk mencari tahu penyebab terjadinya gangguan.

VP Corporate Communication Telkom, Andri Herawan, mengatakan saat ini kondisi jaringan internet IndiHome maupun Telkomsel sudah mulai membaik.

“Atas nama manajemen, Telkom menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan terdampak atas ketidaknyamanan yang dirasakan ini,” pungkas Andri.

Sementara itu General Manager External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim juga mengatakan hal serupa.

Menurutnya, jaringan Telkomsel berangsur kembali ke semula sekitar pukul 17.00 WIB. Aldin juga menjelaskan, Telkomsel dan TelkomGroup terus mengoptimalisasi untuk mempercepat pemulihan akses layanan secara keseluruhan.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada sebagian pelanggan yang terdampak atas gangguan akses jaringan broadband Telkomsel yang sempat terjadi,” jelas Aldin.

Terakhir, Aldin menyampaikan bahwa Telkomsel mengapresiasi masukan dari para pengguna untuk selalu menggunakan produk dan layanan Telkomsel.