Takjil Sehat Saat Puasa, Ini Rekomendasinya

0
103
Takjil Sehat Saat Puasa

Selama bulan Ramadhan, berburu takjil menjadi hal yang lumrah dilakukan. Tapi penting untuk mengetahui mana takjil yang sehat saat puasa. Karena tidak semuanya aman untuk dikonsumsi.

Terlebih lagi takjil yang identik dengan pemanis tambahan seharusnya dihindari. Sebab ternyata ketika kita berpuasa ada berbagai makanan yang boleh atau tidak boleh untuk dikonsumsi secara berlebihan, termasuk takjil.

Selanjutnya, berikut adalah beberapa rekomendasi takjil sehat saat puasa yang dapat dinikmati selama bulan Ramadan:

Buah-buahan Segar

Buah potong segar ini bisa berbagai jenis buah, seperti semangka, melon, jeruk, apel, pir, atau anggur. Buah segar adalah pilihan takjil yang sehat dan menyegarkan, karena buah kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Es Buah

Maksudnya di sini adalah es yang terbuat dari campuran buah-buahan segar yang dengan tambahan es serut dan sirup rendah gula adalah alternatif takjil yang menyegarkan dan sehat.

Untuk lebih sehatnya, hendaknya es buah ini dibikin sendiri, sehingga kita bisa memastikan buah dan sirip serta bahan yang digunakan aman dan layak untuk dikonsumsi.

Kurma

Identik dengan bulan Ramadhan, kurma merupakan sumber energi yang baik karena mengandung gula alami dan serat. Selain itu, kurma juga kaya akan mineral seperti potassium dan magnesium yang penting untuk kesehatan tubuh, sehingga menjadi salah satu rekomendasi takjil sehat saat puasa.

Yogurt

Yogurt rendah lemak tanpa tambahan gula adalah pilihan takjil yang kaya akan protein dan probiotik. Ini membantu menjaga kesehatan pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Bubur Bijian

Takjil sehat yang bisa dimasak adalah bubur bijian seperti bubur quinoa, bubur beras merah, atau bubur oat. Bubur bijian adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik dan mengandung serat yang tinggi. Tambahkan potongan buah-buahan segar untuk rasa manis alami.

Kacang-kacangan

Kacang almond, kacang kenari, atau kacang mete adalah sumber protein nabati dan lemak sehat. Ternyata kacang-kacangan ini juga dapat dijadikan takjil dengan cara direndam terlebih dahulu dan diberi sedikit garam untuk menambah cita rasa.

Smoothie

Terbuat dari campuran buah-buahan segar, yogurt rendah lemak, dan sedikit madu atau kurma untuk rasa manis alami. Karena terbuat dari bahan alami ini, sehingga smoothie bisa menjadi pilihan takjil yang menyegarkan dan memberikan energi tambahan.

Jus Sayuran

Sayuran tidak hanya bisa dikonsumsi ketika dimasak, tapi sayuran juga bisa dijadikan jus pengganti takjil. Jus sayuran segar seperti jus wortel, jus tomat, atau jus bayam adalah cara yang baik untuk mendapatkan asupan nutrisi yang cukup selama bulan Ramadan. Pastikan untuk mengonsumsinya tanpa tambahan gula.

Itulah tadi beberapa rekomendasi takjil sehat saat puasa. Sengan memilih takjil yang sehat dan seimbang, kita dapat menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadan sambil tetap mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menjalani puasa dengan lancar.