Tradisi Lebaran di Indonesia, Bikin Rindu Momennya!

0
228
Tradisi Lebaran di Indonesia

Di setiap negara yang merayakan lebaran pasti memiliki tradisi tersendiri dalam merayakannya, begitu juga di Indonesia.

Setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan, lebaran menjadi salah satu perayaan dan momen paling meriah yang diadakan di Indonesia.

Lewat momen lebaran, banyak tradisi dan budaya yang bikin rindu dengan hal-hal ini.

Ada apa aja ya? Berikut kami rangkum untuk Anda.

Tradisi Lebaran di Indonesia
  1. Mudik

Mudik memang menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Walaupun dilanda kemacetan di jalan raya, para mudik bisa merasakan hal yang sama, yaitu berjalan satu tujuan menuju kampung halaman tercinta.

  1. Ziarah Kubur

Sebelum berkumpul dengan sanak saudara biasanya masyarakat Indonesia akan mengunjungi makam keluarga mereka untuk mengenang dan memberikan doa kepada keluarga yang telah wafat. Hal ini telah menjadi tradisi turun temurun di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

  1. Takbiran

Menjadi ciri malam lebaran, takbiran menjadi awal mula perayaan suka cita menyambut Hari Raya Idul Fitri. Biasanya takbiran dilakukan di masjid maupun arak-arakan keliling oleh beberapa pemuda sambil menggemakan takbir.

  1. Ketupat

Belum afdol rasanya kalau di pagi Hari Raya Idul Fitri tidak memulainya dengan makan ketupat ditambah opor ayam plus rendang. Sajian ketupat menjadi hal yang wajib untuk dimakan pada pagi hari lebaran bagi masyarakat Indonesia.

  1. Silaturahmi rumah ke rumah

Setelah berkumpul dengan keluarga besar, masyarakat Indonesia akan bersiap untuk mengunjungi rumah kerabat dalam rangka silaturahmi Hari Raya Idul Fitri. Pada momen inilah para kerabat dan sanak saudara saling bertemu setelah sekian lama.

  1. Kue

Kue-kue kering hingga kue mentega pasti akan tersaji di meja ketika lebaran tiba. Kue tersebut dijadikan sebagai jamuan untuk para tamu yang mengunjungi rumah untuk bersilaturahmi.

Gak sedikit juga nih para tamu yang penasaran untuk mencicipi kue-kue dari satu rumah ke rumah yang lain.

Nah, itulah beberapa tradisi lebaran yang ada di indonesia, yang mana nih momen yang paling encik dan puan gak bisa lupain di hari lebaran?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.