Market Day Darma Yudha, Tanamkan Jiwa Kewirausahaan Anak

0
942
Market Day Darma Yudha

Market Day KB dan TK Darma Yudha membuktikan bahwa jiwa kewirausahaan bisa ditanamkan dan dikembangkan sejak usia dini. Adapun kegiatan ini sendiri dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) lalu.

Seperti yang diungkapkan Kepala Sekolah KB dan TK Darma Yudha, Bernadet Mimi Tri Astuti, S.Pd. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan kolaborasi antara orang tua, siswa dan sekolah ini memang bertujuan untuk mengenalkan anak-anak dengan fungsi uang, cara bertransaksi atau berjual beli serta tentu saja memberikan pengalaman wirausaha kepada anak-anak.

Pada kegiatan ini, anak-anak berperan sebagai penjual dan melayani transaksi dari pembeli. Anak-anak melakukan transaksi jual-beli dengan didampingi oleh guru kelas masing-masing.

Selain itu, anak-anak secara bergantian melakukan tugasnya. Dimana ada yang menata barang yang djual, ada yang menjaga dan memegang uang dan ada yang bertugas untuk mengambilkan barang yang akan dibeli. Anak-anak dengan senang hati dan tersenyum melayani pembeli.

Ada banyak sekali manfaat terutama bagi anak-anak. Selain dari menanamkan jiwa kewirausahaan pada anak sejak usia ini, kegiatan Market Day KB dan TK Darma Yudha ini mampu mengembangkan karakter pada anak, seperti: percaya diri dalam melayani pembeli dan melakukan komunikasi dengan pembeli.

Market Day Darma Yudha Anak

Karakter yang lain adalah tanggung-jawab, yaitu memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan. Kemandirian anak, kreativitas dan juga kemampuan bernalar kritis dapat dikembangkan melalui kegiatan ini.

Anak-anak diajarkan untuk memiliki kemandirian dan kreativitas dalam menata barang-barang yang akan dijual supaya terlihat menarik. Pada saat anak melakukan transaksi jual beli, kemampuan bernalar kritis anak juga berkembang.

Para orang tua juga turut berpartisipasi pada kegiatan Market Day ini. Orang tua dari masing-masing kelas bekerja sama untuk membuat makanan dan minuman sehat yang akan dijual.

Kegiatan ini disambut penuh antusias oleh para orang tua yang melihat putra-putrinya bisa menata barang-barang yang akan dijual di meja yang mana sebagian merupakan hasil karya mereka, serta melayani para pembeli.

Market Day Darma Yudha Anak-Anak