Anugerah Pesona Indonesia 2023, Riau Raih 5 Penghargaan 

0
1032
Anugerah Pesona Indonesia 2023

Dalam malam puncak Anugerah Pesona Indonesia (API Award) 2023, Provinsi Riau berhasil meraih 5 penghargaan. Dengan demikian, sektor pariwisata di Riau terus mengalami perkembangan yang mengesankan.

Penghargaan ini diberikan oleh Ayo Jalan-jalan Indonesia di Plaza Presisi Manise, Kota Ambon, Rabu (1/11/2023) malam.

5 Penghargaan

Adapun 5 penghargaan yang diraih oleh Riau dalam API Award 2023, di antaranya sebagai berikut:

Dalam kategori destinasi belanja, Viera Oleh-oleh Pekanbaru atau pusat kudapan khas Riau berhasil meraih juara 1.

Sementara itu, Tumi Lompok Ayam dari Kampar meraih juara 2 pada kategori makanan tradisional.

Destinasi baru, Asia Heritage Pekanbaru berhasil meraih juara 3 dalam kategori destinasi baru.

Sepak Rago Tinggi Kuantan Singingi meraih juara 3 dalam kategori atraksi budaya. Serta Kuansing Bacarito dari Kabupaten Kuantan Singingi meraih juara 3 dalam kategori promosi pariwisata digital.

Beri Dampak Positif

Keberhasilan Riau dalam meraih penghargaan dalam API Award 2023 ini memberikan dampak positif pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Riau.

Demikian yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat. Pihaknya juga turut menyampaikan selamat kepada para pemenang Anugerah Pesona Indonesia 2023.

Ia mengakui, prestasi ini juga ada peran penting dari para pelaku pariwisata di Riau dalam mendorong perkembangan sektor ini.

Roni menjelaskan bahwa Riau memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang dapat menjadi sumber pendapatan baru dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Pentingnya kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk komunitas organisasi pariwisata, sektor swasta, dan stakeholder lainnya, untuk mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di Riau,” ujarnya, Senin (6/11/23).

Hasil Kerja Sama Semua Pihak

Keberhasilan sektor pariwisata di Riau, menurut Roni, adalah hasil dari kerja sama yang kuat antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, pelaku industri pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas partisipasi berbagai pihak dalam API Award 2023. Roni mengajak semua pihak terkait untuk terus menciptakan optimisme dan energi positif dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Riau.

Dengan demikian, sektor ini dapat memberikan manfaat dalam bentuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembukaan lapangan pekerjaan yang lebih luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.