Wisata Gratis di Pekanbaru, Ini Rekomendasinya

0
1731
Wisata Gratis di Pekanbaru

Bagi warga Pekanbaru yang bingung mau libur ke mana dan tidak punya referensi liburan? Yuk berkunjung ke 9 tempat wisata gratis di Pekanbaru berikut ini.

Mulai dari wisata sejarah, wisata religi, wisata alam, bahkan wisata yang sengaja dibuat pemerintah agar masyarakat bisa bersantai di akhir pekan atau pada waktu sore.

Uniknya, Kota Pekanbaru tidak hanya memiliki wisata yang berbayar. Namun juga memiliki wisata yang gratis alias tidak dipungut biaya ketika masuk ke kawasan wisata tersebut.

Rekomendasi Wisata Gratis di Pekanbaru

Adapun 9 rekomendasi wisata gratis tersebut, di antaranya:

1. Rumah Tuan Kadi

Rumah Singgah Tuan Kadi

Merupakan salah satu wisata sejarah, dan bukti sejarah lahirnya Kota Pekanbaru Ibu Kota Provinsi Riau ini.

Terletak di bawah jembatan Siak III Pekanbaru atau di bawah jembatan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah, lebih tepatnya di Jalan Perdagangan, Kelurahan Kampung Bandar, Senapelan, Kota Pekanbaru.

Rumah Tuan Kadi ini memiliki arsitek Melayu yang kental, sehingga kalau ingin mendapatkan banyak cerita sejarah Pekanbaru, bisa berkunjung ke sini.

2. RTH Tunjuk Ajar Integritas

RTH Tunjuk Ajar Integritas Pekanbaru

Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tunjuk Ajar Integritas ini berada di Jalan Ahmad Yani, Kota Pekanbaru. RTH ini memiliki lahan yang cukup luas, arena bersantai sore, ataupun olahraga pagi bagi masyarakat di sekitar lokasi.

3. RTH Putri Kaca Mayang

RTH Putri Kaca Mayang Pekanbaru

Sama dengan RTH Integritas, RTH Kaca Mayang juga menjadi tempat favorit warga Pekanbaru untuk bersantai. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, atau di samping Hotel Premier Pekanbaru, persisnya di seberang Mall Pelayanan Publik Pekanbaru.

4. Kawasan Bandar Serai (Bandar Seni Raja Ali Haji)

Bandar Serai Pekanbaru

Wisata gratis di Pekanbaru berikutnya adalah kawasan Bandar Serai atau Bandar Seni Raja Ali Haji. Gedung yang kental dengan corak Melayu tersebut merupakan arena pertunjukan seni yang juga akrab disapa masyarakat sebagai Anjung Seni Idrus Tintin atau kawasan Purna MTQ Provinsi Riau.

5. Taman Kota Pekanbaru

taman kota pekanbaru

Taman Kota Pekanbaru ini berada di Jalan Diponegoro dan Jalan Seberut, persis di sebelah Aryaduta Hotel Pekanbaru. Bagi yang bingung mau ke mana, bisa memanfaatkan momen bersama keluarga untuk berkunjung ke taman tersebut.

6. Hutan Kota Pekanbaru

hutan kota

Ingin menikmati suasana alam gratis di Pekanbaru? Tapi lokasinya di tengah kota? Bisa banget berkunjung ke Hutan Hota Pekanbaru. Hutan Kota Pekanbaru ini berdekatan dengan Taman Kota, jadi bisa sekali jalan menikmati dia lokasi wisata gratis di Pekanbaru itu.

Lokasinya tepat berada di Jalan Jalan Diponegoro, Suka Mulia, Kec. Sail, Kota Pekanbaru, Riau.

7. Masjid Raya Pekanbaru

Masjid Raya Pekanbaru

Adalah salah satu wisata religi yang sekaligus wisata sejarah di Pekanbaru, dibangun sekitar 1762 M. Masjid Raya Pekanbaru itu dibangun Sultan Abdul Jalil Muazzam Syah (1766-1780). Sultan Jalil Muazzam Syah ini merupakan raja keempat Kerajaan Siak Sri Indrapura.

Masjid Raya Pekanbaru ini lokasinya tidak jauh dari Tugu Nol Kilometer Pekanbaru dan Rumah Tuan Kadi, yakni berada persis di Jalan Masjid No.13, Kampung Bandar, Desa Payung Sekaki, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru.

8. Masjid An-Nur Provinsi Riau

Proyek Payung Elektrik Masjid An-Nur

Wisata gratis di Pekanbaru adalah wisata religi di Masjid Raya An-Nur Provinsi Riau yang terletak di Jalan Hangtuah Ujung, Sumahilang, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru.

Masjid An-Nur Provinsi Riau ini dibangun sekitar tahun 1963, lalu kemudian diresmikan pada tahun 1968 oleh Gubernur Riau, Arifin Achmad.

9. Perpustakaan Soeman HS

Perpustakaan Soeman HS

Merupakan perpustakaan provinsi yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, berseberangan dengan kantor Gubernur Riau. Desainnya yang unik, perpustakaan ini banyak menyimpan arsip nasional, koleksi buku-buku Melayu yang diberi nama Bilik Melayu. Selain itu, Perpustakaan Soeman HS ini juga menjadi perpustakaan termegah dan terbesar di Indonesia.

Itulah tadi 9 rekomendasi wisata gratis di Pekanbaru, bagaimana Encik dan Puan tertarik untuk berkunjung? Semoga rekomendasi ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.