Minum Air Tirta Siak Langsung, Berani Coba?

0
205
Minum Air Tirta Siak

Masyarakat Kota Pekanbaru kini bisa langsung minum air dari keran (Tap Water) milik Perumdam Tirta Siak. Hal tersebut setelah mereka melakukan kerja sama dengan Badan Usaha Pelaksana (BUP) KPBU SPAM Pekanbaru PT. PP Tirta Madani.

Sejak Jumat (8/3/2024), fasilitas ini dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tampan, Jalan Kayu Mas. Untuk menikmatinya, tidak dipungut biaya apapun lho.

Uji Coba

Direktur Tirta Madani, Reza Afnan mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan uji coba terlebih dulu di wilayah pengolahannya. Sementara untuk daerah lain, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Tirta Siak terkait peletakan water fountain untuk masyarakat luas.

Dengan adanya water fountain ini, masyarakat dapat mengisi ulang galon hingga membawa tumblr sendiri. Bahkan di kantor Tirta Madani sendiri, lanjut Reza, juga sudah hampir satu tahun meminum air seperti ini.

“Alhamdullillah sampai saat ini masih sehat, insyaallah,” ungkapnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan pihaknya ini juga merupakan sebuah tanggung jawab. Selain memberi manfaat bagi masyarakat sekitar, juga menjadi bukti bahwa yang pihaknya kerjakan selama hampir 2 tahun membuahkan hasil sebagaimana yang diharapkan.

Untuk Seluruh Masyarakat

Keberadaan water fountain di IPA Tampan Jalan Kayu Mas Tampan ini tidak hanya diperuntukkan bagi pelanggan Perumdam Tirta Siak saja. Akan tetapi juga diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengambil air yang disediakan oleh pihak Tirta Madani.

Direktur Perumdam Tirta Siak Agung Anugrah menyebutkan bahwa selain fokus membenahi berbagai sektor layanan penting, pihaknya juga ingin memberikan bukti nyata kepada masyarakat. Terutama yang berkaitan dengan kualitas air yang sudah jauh lebih baik.

Lebih jauh Agung menjelaskan bahwa pada dasarnya apa yang dibuatnya merupakan mission oriented. Dimana salah satu SPM (Standar Pelayanan Minimal) pemerintah kepada masyarakat adalah air minum.

“Oleh karenanya, kami mewakili pemerintah dalam memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sedia 24 Jam

Bagi masyarakat yang hendak mengambil air di water fountain ini, hanya perlu meminta izin kepada pihak keamanan Tirta Madani. Layanan pengambilan air ini juga tersedia selama 24 jam, karena pihak keamanan Tirta Madani selalu berada di pos jaga.

Rencananya dalam waktu dekat, water fountain juga akan disediakan di area Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru Jalan Jenderal Sudrman.

Apa yang dilakukan Perumdam Tirta Siak ini menjadi bukti nyata pelayanan yang prima kepada masyarakat Kota Pekanbaru. Sehingga diharapkan akan lebih banyak pihak yang mendukung berbagai pengembangan yang kini dilakukan oleh perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Pekanbaru ini.

Pertama di Riau

Seperti diketahui, di beberapa kota besar di dunia seperti Singapura sudah bisa diminum langsung. Terobosan yang dilakukan oleh Perumdam Tirta Siak serta Tirta Madani ini merupakan yang pertama di Provinsi Riau. Sehingga diharapkan membawa rasa optimisme dalam mewujudkan Pekanbaru menjadi kota yang maju namun tetap menjaga norma-norma.

Nah, Encik dan Puan berani langsung minum air dari keran milik Perumdam Tirta Siak?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Aruna Hamka (@arunahamka)