Siswa SMA di Riau Ikuti Lomba Debat Komunikasi

0
516
Siswa SMA di Riau

Sejumlah siswa-siswi SMA di Riau mengikuti Lomba Debat Komunikasi MF Communications 2023. Kompetisi ini diselenggarakan selama 2 hari pada 23 dan 24 September 2023 di Riau Garden, Jalan H.R. Soebrantas. Kompetisi ini diikuti oleh 12 tim terbaik yang sebelumnya mengikuti seleksi video edukasi komunikasi di instagram.

Acara prestisius ini memberikan kesempatan bagi siswa SMA se-Provinsi Riau untuk menghadapi tantangan Revolusi Industri 5.0 di masa depan. Tentunya melalui pemahaman terkait isu-isu komunikasi terkini.

Dalam kompetisi debat ini, mengangkat berbagai topik menarik seperti media sosial, kampanye, film, televisi, teknologi komunikasi, kecerdasan buatan, hingga realitas virtual.

Para peserta juga berkesempatan untuk belajar dan berjejaring melalui gelar wicara dengan menghadirkan pembicara terkemuka di bidang komunikasi. Di antaranya Fuji Rahayu (Mahasiswa Berprestasi FISIP UNRI 2019) dan Restira My Syahputri (Duta Bahasa Riau 2021).

Pendiri MF Communications, Michiko Frizdew percaya bahwa debat adalah salah satu metode latihan yang efektif. Terutama untuk meningkatkan kemampuan wicara publik atau public speaking seseorang.

“Dengan mengangkat isu-isu komunikasi, kami berharap kami juga sekaligus mempopulerkan kajian-kajian di bidang Ilmu Komunikasi yang sangat bermanfaat di era sekarang ini,” ujarnya.

SMAN 1 Pekanbaru menjadi Juara 1 dalam perlombaan ini dan meraih penghargaan sebagai Komunikator Terbaik. Sementara itu, Juara 2 diraih oleh SMAN 4 Pekanbaru. Sedangkan Juara Tim Favorit dalam perlombaan ini diraih oleh SMAN 5 Pekanbaru.

Sebelumnya, MF Communications diketahui aktif sejak 2017 telah menyelanggarakan berbagai kelas yang membantu siswanya. Terlebih lagi untuk meningkatkan kemampuan wicara publik dan mempersiapkan karier di industri komunikasi sejak dini.

Pada tahun 2022, MF Communications juga telah sukses melaksanakan Festival MF Communications 2022. Yang mana menyelenggarakan berbagai kompetisi, di antaranya Lomba Wicara Publik, Lomba Presenter dan Reporter Televisi, Lomba Penyiar Radio, hingga Lomba Pewara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.