Exhibition Photo Cooling System Pemilu 2024 Resmi Digelar

0
899
Exhibition Photo Cooling System Pemilu 2024

Event Exhibition Photo Cooling System Pemilu 2024 resmi dibuka oleh Kapolda Riau Irjen M Iqbal di Mall Living World, Kota Pekanbaru, Selasa (5/3/2024) sore.

Tampilkan 200 Foto Jurnalistik

Untuk diketahui, dalam rangka mewujudkan Pemilu Damai 2024, Polda Riau membuka Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) pada 15 November 2023 lalu. Tema yang diambil lomba ini ialah “Peran Polri dalam Mewujudkan Pemilu Damai 2024”.

Exhibition Photo Cooling System Pemilu 2024 ini sendiri menampilkan sekitar 200 foto karya jurnalistik dan umum yang ikut LKJ Polda Riau. Adapun foto-foto yang ditampilkan merupakan foto yang telah masuk penilaian juri dari 1.000 lebih foto yang turut serta.

Dukung Sukses Pemilu 2024

Dalam sambutannya Kapolda Riau Irjen M Iqbal mengutarakan, LKJ ini diselenggarakan dalam rangka mendukung kesuksesan pelaksanaan Pemilu 2024.

Menurutnya event ini menjadi ajang refreshing bagi semua pihak, terutama dalam beberapa bulan yang lalu pihaknya melakukan pengamanan ketertiban masyarakat pada era kontestasi Pemilu.

“Sebagai institusi, kami menjamin dinamika sosial yang ada di tengah masyarakat agar tetap aman tertib,” tuturnya.

Iqbal mengakui bahwa fungsi media pada pesta demokrasi sangat luar biasa. Yang mana ada sekitar 20.000 link berita diamplifikasi, dan link berita tersebut mengarah kepada perwujudan pemilu yang damai dan kondusif.

Eksebisi foto Pemilu damai Polda Riau 2024 ini, lanjutnya, adalah foto-foto yang dihasilkan oleh para jurnalis fotografer yang profesional serta juga polisi yang ada di daerah.

Dengan berakhirnya pemilu dengan damai, Kapolda Riau ini mengucapkan terima kasih kepada para awak media. Dimana mereka memiliki peran penting, baik dalam pemberitaan maupun dokumentasi sejarah demokrasi.

Terkait pengumuman pemenang, Iqbal mengatakan akan mengumumkannya pada tanggal 9 Maret 2024 mendatang. Ia meyakinkan semua pihak bahwa hasil pemenang ini telah dinilai oleh juri yang tidak bisa intervensi oleh pihak mana pun.

“Independensi juri ini adalah tidak kaleng-kaleng, ia adalah jurnalis senior,” pungkasnya.

Di lain pihak, Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Hery Murwono mengungkapkan bahwa total ada 2.676 karya yang mengikuti untuk lomba. Dimana karya tulis sebanyak 418 karya, foto sebanyak 240 karya, dan video sebanyak 140 karya.

“Pesertanya terdiri dari kategori umum dan Polri,” ujarnya, 20 Februari 2024 lalu.