Mengenal Apa Itu Penthouse, Keunggulan, dan Perbedaannya

624
Mengenal Apa Itu Penthouse

Belakangan ini, istilah penthouse mulai dikenal khalayak luas. Yuk kita mengenal apa itu penthouse, serta keunggulan dan perbedaannya dengan unit apartemen pada umumnya.

Apa itu Penthouse?

Secara umum, Penthouse adalah salah satu jenis apartemen yang terletak pada bagian lantai teratas dari sebuah gedung.

Yang mana telah termasuk dalam unit paling ekslusif serta mewah. Dalam Bahasa Indonesia, Penthouse dikenal dengan istilah Griya Tawang.

Penthouse memiliki ukuran yang bervariasi tergantung bangunan di gedung apartemen tersebut, tetapi luasnya melebihi luas apartemen tipe standar.

Meski berada pada gedung yang sama, Penthouse juga menawarkan keindahan pemandangan dari atas gedung atau rooftop dan didesain dengan interior yang mewah.

Apa keunggulan Penthouse?

Setelah mengenal apa itu Penthouse, Ncik dan Puan pasti bertanya-tanya apa sih keunggulannya? Mengingat harganya yang tidak murah, berikut ini beberapa ulasan kelebihan Penthouse.

  • Interior Elegan
    Salah satu keunggulan penthouse adalah interiornya. Kebanyakan penthouse memiliki fasilitas lengkap dan fitur-fitur berkelas yang tampak sangat elegan. Misalkan, peralatan dapur modern, kamar mandi dengan spa, desain langit-langit tinggi, ruang tengah, ruang kerja, bahkan hingga kolam renang pribadi.
  • Cahaya dan ventilasi lebih baik
    Keunggulan lainnya dari sebuah penthouse adalah cahaya dan ventilasi alami yang lebih baik. Bagaimana tidak, unit ini biasanya memiliki jendela-jendela kerukuran besar untuk memberikan pencahayaan cukup pada ruangan.
  • Tata letak ruang yang fleksibel
    Mengingat penthouse adalah hunian luas nan mewah, maka tidak heran bila penataan ruangan lebih fleksibel. Pemilik bisa bebas menambahkan sebuah area tidur tambahan atau bahkan gym pribadi ke dalamnya.
  • Nilai investasi tinggi
    Bila dilihat dari sudut investasi, penthouse adalah pilihan tepat. Hal ini dikarenakan segala keunggulan serta keeksklusifannya yang menjadikan unit satu ini mempunyai nilai tersendiri dan tidak dapat ditemukan pada jenis lainnya. Meski tergolong cukup mahal, penthouse diketahui tidak pernah kekurangan peminat loh.
  • Fasilitas kelas atas
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penthouse adalah hunian mewah dengan berbagai fasilitas eksklusif dan berkelas. Di samping karena keluasannya, pemilik juga akan memperoleh teras luas, pemandangan indah dari lantai paling atas, lift pribadi, bahkan terkadang memiliki juga memiliki kolam renang.
Apa perbedaan Penthouse dan Apartemen?

Selain memiliki keunggulan, Penthouse juga memiliki perbedaan dengan apartemen pada umumnya. Berikut beberapa ulasan perbedaan Penthouse dan apartemen.

  • Lokasi pada bangunan
    Jika apartemen hanya menempati sebagian dari suatu lantai bangunan, Penthouse justru menempati keseluruhan lantai gedung apartemen dan terletak pada lantai paling atas gedung.
  • Fasilitas
    Di apartemen biasanya terdapat fasilitas-fasilitas digunakan bersama untuk seluruh penghuni bangunan apartemen. Namun bagi pemilik Penthouse, fasilitas-fasilitas tersebut tersedia secara tersendiri di dalam unit.
  • Desain unit
    Untuk apartemen biasanya memiliki desain yang seragam oleh pengembang property. Namun untuk Penthouse didesain mewah dan khusus sehingga berbeda dari unit apartemen lainnya.
  • Harga
    Harga unitnya lebih terjangkau karena terbagi oleh beberapa unit lainnya. Sedangkan dengan fasilitas yang terdapat pada Penthouse, harga unit akan lebih mahal karena menggunakan satu lantai gedung.
  • Privasi dan ketenangan
    Keunggulan Penthouse lainnya adalah privasi yang diberikan Penthouse karena tak ada gangguan dari penghuni lain. Sedangkan unit apartemen, meski memiliki privasi namun tidak akan sebebas Penthouse.

Sekarang Encik dan Puan sudah mengenal apa itu Penthouse, keunggulan, dan perbedaannya dengan apartemen. Jadi bagaimana, tertarik untuk membeli Penthouse?