Covid-19 Riau Hari Ini: Tambah 363 Kasus, Total 45.564

0
340
Covid-19 Riau Hari Ini

Info Kasus Covid-19 Riau Hari Ini (Senin, 3/5/2021) bertambah sebanyak 363 kasus, 398 pasien yang telah sembuh, dan 18 pasien yang meninggal. Sehingga jumlah kasus terkonfirmasi Covid menjadi 45.564 kasus.

Dari info kasus Covid-19 Riau Hari Ini, sebanyak 39.424 pasien positif Covid-19 Riau yang telah sembuh dan pulang, serta 1.133 pasien yang telah meninggal.

Data Sebaran Positif

Pekanbaru sebanyak 73 kasus, Kuantan Singingi 65 kasus, Dumai 44 kasus, Indragiri Hulu 29 kasus, Rokan Hulu 29 kasus, Rokan Hilir 27 kasus, Kampar 21 kasus, Siak 16 kasus, Pelalawan 11 kasus, Kepulauan Meranti 26 kasus, Bengkalis 5 kasus, Indragiri Hilir 2 kasus, dan provinsi lainnya 13 kasus.

Data Sebaran Meninggal

Bengkalis 5 kasus, Pekanbaru 5 kasus, Kampar 3 kasus, Kuantan Singingi 2 kasus, kemudian Dumai Indragiri Hilir dan Rokan Hulu masing-masing satu kasus.

4 Daerah di Riau Masuk Zona Merah

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan bahwa empat kabupaten/kota di Riau kembali masuk ke dalam zona merah risiko penularan Covid-19. Keempat kabupaten/kota tersebut adalah Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Siak.

Kasus Meningkat

Tambahan kasus terhitung April saja, jumlah kasus di Riau mencapai 9.000 orang. Jika dibandingkan dengan kasus Covid-19 pada tahun 2020, total kasus hanya lebih kurang di angka 7.000 kasus.

Hindari Kerumunan Tidak Penting

Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi mengajak masyarakat untuk tidak nongkrong, berkerumun di cafe, atau bepergian ke tempat yang tidak perlu terlebih dahulu pada masa pandemi ini.

Menurutnya banyak hal yang bisa dilakukan di rumah yang lebih berguna daripada nongkrong di restoran atau di kafe yang tidak perlu, seperti lebih baik beribadah di rumah pada bulan Ramadan ini.

Masyarakat Diminta Belajar dari Kasus India

dr Indra Yovi juga mengingatkan, persoalan COVID-19 di Riau saat ini sudah benar-benar serius. Jangan sampai semua ruang pelayanan perawatan COVID-19 di Riau penuh semua. Masyarakat pun diminta belajar dari apa yang terjadi di negara India.

Dimana, tidak ada lagi tempat menampung pasien positif COVID-19. Yang bermula karena ketidakdisplinan masyarakat dalam melaksanakan penegakan protokol kesehatan.

Disiplin Prokes

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir berpesan kepada masyarakat Riau agar siaga terhadap terus meningkatnya kasus positif yang semakin tidak terbendung. Hal ini dikarenakan semakin tidak disiplinnya masyarakat terhadap protokol kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.