Apa itu Virus Corona?

186
Virus Corona

Akhir-akhir ini virus Corona menjadi sorotan. Meski demikian, mungkin tak banyak dari kita yang tahu kenapa virus ini menjadi seolah-olah pandemik.

Sejarah

Virus ini sering juga disebut COVID 19, menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia sejak Desember 2019 lalu. Dimana, penyakit menular tersebut menyerang banyak sekali masyarakat bahkan sampai ada yang meninggal dunia.

Awal munculnya, virus ini hanya mewabah di Wuhan China. Namun belakangan, penyakit tersebut telah meluas ke berbagai belahan negara lainnya.

Virus ini juga diketahui menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS) dan sindrom pernafasan akut parah (SARS).

Orang yang rentan terkena wabah ini yaitu anak-anak, orang tua, dan orang dengan kondisi medis sudah ada sebelumnya, seperti tekanan darah tinggi, jantung, paru-paru, kanker atau diabetes.

Gejala Awal

Berdasarkan keterangan dari organisasi Kesehatan dunia, WHO, melalui websitenya menjelaskan bahwa ada beberapa gejala umum orang yang terkena virus tersebut.

Di antara gejalanya yaitu, demam, kelelahan dan batuk ringan. Namun, bagi beberapa orang lain bahkan mengalami nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan bahkan diare.

Gejala tersebut muncul secara perlahan, bahkan ada pasien yang tidak menyadari kalau dirinya terdampak Corona. Karena tidak merasakan gejala apapun dan merasa tidak enak badan.

Untuk itu, tidak mudah mengetahui apakah seseorang terkena penyakit ini. Makanya perlu pengecekan khusus yang memerlukan waktu yang cukup lama untuk benar-benar memastikan apakah positif Corona.

Penularan

Penularan Virus Corona cukup mudah, diantaranya melalui batuk dan buang nafas. Batuk atau buang nafas akan mengeluarkan tetesan air dari hidung atau mulut yang keluar dari nafas penderita COVID 19.

Kemudian tetesan tersebut mengenai tangan atau benda apapun di sekitar kita. Kita lalu menyentuhnya dan mengusapkan ke mulut, mata atau hidung, maka virus itu dengan mudah masuk ke tubuh kita.

Oleh sebab itu, perlu untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan secara teratur dan menggunakan antiseptik pada tangan, serta hindari menyentuh bagian mata, mulut dan hidung ketika berada ditempat ramai.

Sampai detik ini, belum ditemukan vaksin apapun yang mampu menyembuhkan COVID 19 ini. Namun, data dari WHO juga menyebutkan sekitar 80% orang bisa sembuh tanpa melewati perawatan khusus.

Intinya, balik lagi ke diri sendiri, bagaimana menjaga diri. Tidak hanya Corona, masih banyak juga virus-virus lainnya yang membahayakan jika kita tidak mampu menjaga kesehatan dengan baik.

Cara Mencegah Penyebaran

Mencegah penyebaran virus apapun jenisnya hanya bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan begitu juga dengan cara mencegah penyebaran Virus Corona itu sendiri.

Berikut ini beberapa langkah pencegahan yaitu:

  1. Mencuci tangan secara teratur dengan air dan sabun atau gosok alkohol, karena dengan mencuci tangan akan membunuh kuman-kuman yang ada di tangan. Jadi aman ketika menyentuh bagian manapun dari tubuh.
  2. Menjaga jarak dengan orang batuk atau bersin kurang lebih satu meter. Dikhawatirkan air dari mulut dan hidung mengenai bagian tubuh kita dan membawa penyakit yang mengancam kesehatan.
  3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut karena tangan banyak menyentuh berbagai jenis barang, sehingga kita tidak mengetahui apa saja virus yang ada di barang tersebut.
  4. Pastikan untuk selalu menutup hidung dan mulut ketika batuk atau bersin, baik menggunakan siku ataupun tisu. Perlu diingat, usai menggunakan tisu, segera buang ketempat sampah untuk menjaga berkembangnya virus ke orang lain.
  5. Jika merasa kurang sehat, disarankan untuk terus berada di dalam rumah. Sebab, kondisi tidak fit juga mempermudah penyakit menular untuk berkembang dengan cepat. Namun jika sudah terlanjur mengalami gejala Virus Corona seperti demam, flu, batuk dan sulit bernafas, maka segera mendatangi petugas kesehatan terdekat.
  6. Poin terakhir yang mesti diingat, selalu pantau perkembangan pemberitaan Virus Corona. Ini bertujuan meningkatkan kewaspadaan kita ketika hendak bepergian atau keluar rumah.

Oh iya, untuk penggunaan masker, hanya disarankan bagi orang yang sakit dan orang yang merawat orang sakit. Jika dipakai orang sehat, dikhawatirkan hanya akan membuang sesuatu yang tidak bermanfaat.

Jadi, bijaklah menyikapi kasus tersebut, jangan panik dan terus menjaga kesehatan melalui olahraga dan makan makanan bergizi.