Prodi Humas UMRI Gelar Pelatihan Manajemen Humas Sekolah di SMKN 4 Pekanbaru - InfoPKU
Breaking News
Home » Pendidikan » Prodi Humas UMRI Gelar Pelatihan Manajemen Humas Sekolah di SMKN 4 Pekanbaru

Prodi Humas UMRI Gelar Pelatihan Manajemen Humas Sekolah di SMKN 4 Pekanbaru


Tim dosen dari Program Studi (Prodi) Hubungan Masyarakat (Humas) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat “Pelatihan Manajemen Humas Sekolah” di Aula SMKN 4 Pekanbaru, Jumat (31/8).

Adapun tim dosen tersebut terdiri dari Johan Faladhin selaku Ketua Pengabdian sekaligus pembicara, Dewi Martina selaku anggota pengabdian sekaligus moderator, dan Ulmi Marsya sebagai anggota kegiatan pengabdian.

Selain sebagai bentuk tanggung jawab dosen terhadap catur dharma perguruan tinggi, Pelatihan Manajemen Humas Sekolah ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terutama kepada salah satu institusi kependidikan yang ada di SMKN 4 Pekanbaru.

Adapun tema “Pelatihan Manajemen Humas Sekolah” dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap seluruh perangkat sekolah dalam pengelolaan informasi secara internal maupun eksternal oleh kepala sekolah, staf humas, guru dan siswa siswinya berperan serta sebagai humas sekolah itu sendiri.

Wakil Ketua Humas SMKN 4 Pekanbaru, Dasril dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dapat memberikan pencerahan bagi siswa-siswi, guru-guru maupun staf humas SMKN 4 Pekanbaru untuk mengetahui apa sebenarnya fungsi, tujuan dan mekanisme kerja dari humas itu sendiri.

“Selain itu siswa-siswi SMKN 4 Pekanbaru bisa menjadi humas dengan mempertahankan nama baik sekolah dari isu-isu yang tidak benar,” ungkap Dasril.

Ketua Pengabdian tim dosen dari Prodi Humas UMRI, Johan Faladhin menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan peran, lingkup kerja dan fungsi humas pada SMKN 4 Pekanbaru agar dapat diaplikasikan secara berkesinambungan setelah kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung.

Lebih lanjut, Johan Faladhin menjelaskan bahwa Humas atau Public Relations memegang peran penting didalam organisasi maupun bisnis. Untuk membangun citra perlu adanya Manajemen Humas dengan pengelolaan dan pendokumentasian informasi yang baik didalam sekolah.

Di lain pihak anggota pengabdian tim dosen dari Prodi Humas UMRI, Dewi Martina menyimpulkan bahwa setiap elemen dari sekolah bisa menjadi PR bagi sekolahnya sendiri. Ia mencontohkan, siswa-siswi SMKN 4 Pekanbaru memenangkan perlombaan paduan suara tingkat Provinsi.

“Dengan adanya prestasi ini, peran humas sekolah dapat menginformasikan berita baik sekolah melalui media sosial maupun mading yang ada di sekolah,” terang Dewi.

Akhir dari kegiatan ini, Prodi Humas UMRI menyerahkan Piagam Penghargaan “Pelatihan Manejemen Sekolah” secara simbolis oleh Ketua Pengabdian, Johan Faladhin kepada Wakil Ketua Humas SMKN 4 Pekanbaru, Dasril. Serta berfoto bersama dengan para guru, staf, dan siswa-siswi SMKN 4 Pekanbaru.

About Dita Fitriani

Dita Fitriani