Yuk Kenali Fungsi Area Traffic Control System di Pekanbaru - InfoPKU
Home » Informasi » Yuk Kenali Fungsi Area Traffic Control System di Pekanbaru

Yuk Kenali Fungsi Area Traffic Control System di Pekanbaru


Selain memasang Yellow Box Junction, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru juga mulai menguji coba pengoperasian alat Area Traffic Control System di Pekanbaru. Alat canggih pemantau arus lalu lintas tersebut terpasang di pusat Kota Pekanbaru.

Area Traffic Control System di Pekanbaru sendiri berada di persimpangan antara Jalan Gajah Mada dan Jalan Diponegoro tepatnya di depan Rumah Dinas Gubenur Riau, serta di persimpangan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Gajah Mada tepatnya di tugu Zapin depan kantor Gubenur Riau.

ATCS, begitu nama alat canggih pemantau arus lalu lintas tersebut disingkat, merupakan sebuah sistem untuk mengontrol arus lalu lintas dilokasi padat kendaraan dari jarak jauh menggunakan bantuan kamera CCTV.

Cara kerja ACTS sendiri adalah sebagai berikut:

Jika terjadi kepadatan arus lalu lintas di satu arah jalan yang terpantau kamera CCTV, sementara di sisi lainnya kosong. Maka melalui program tersebut, lampu traffic light di sisi jalan yang kosong akan dimerahkan walaupun waktunya lampu hijaunya masih ada. Sehingga tumpukan kendaraan dapat diatasi.

Saat ini ATCS sendiri masih belum difungsikan oleh Dishub Kota Pekanbaru karena masih harus menunggu software yang akan mengatur lampu lalu lintas dari jarak jauh. Jadi alat ATCS yang ada saat ini masih manual, dan waktunya masih belum bisa disetel sesuai dengan kondisi arus lalu lintas.

Dishub Kota Pekanbaru sendiri memprediksi alat ATCS baru akan bisa berfungsi maksimal pada awal Desember mendatang, setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mengirimkan software tersebut.

Jika alat ATCS tersebut sudah berfungsi, maka traffic light yang lama di dua kawasan tersebut akan dilepas. Karena saat ini traffic light tersebut ada yang menutupi alat ATCS sehingga cukup mengganggu. Selain traffic light yang lama, beberapa pohon juga akan dipangkas karena menutupi alat ATCS.

Adapun kemungkinan traffic light lama tersebut akan dipindahkan ke lokasi persimpangan di pusat kota yang traffic light-nya sudah tidak berfungsi dengan sempurna lagi. Seperti di traffic light yang berada di Simpang Tiga yang telah beroperasi sejak tahun 1999-an.

Selain di dua titik tersebut, pihak Dihub Kota Pekanbaru saat ini juga tengah mengusulkan penambahan alat ATCS ke Kemenhub RI. Rencananya, alat ATCS tersebut akan dipasang di Jalan Sudirman tepatnya di sekitar Plaza Sukaramai, karena di sana kerap terjadi kemacetan.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila