Bus TMP untuk Pekan Sikawan

5

Demi mengembangkan kawasan pinggiran di Kota Pekanbaru, maka Pemerintah Kota Pekanbaru akan mengerahkan sebanyak 70 unit bus TMP (Trans Metro Pekanbaru).

70 unit bus TMP tersebut akan dioperasionalkan di wilayah Pekanbaru, Siak, Kampar, Pelalawan atau yang disingkat dengan Pekan Sikawan.

Adapun konsep yang dibuat Pemko dan Pemkab terkait mengenai kerjasama kawasan Pekan Sikawan ini sama dengan konsep yang dibuat oleh Pemerintah Kota Jabodetabek.

Tujuannya agar dapat meningkatkan transportasi darat serta mempercepat pembangunan daerah yang tergabung di empat kabupaten kota.

Ditekankan oleh Wali Kota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT, Selasa (15/3), agar Sarana Angkutan Umum Masal (SAUM) yang diprioritaskan di daerah pinggiran tersebut dapat ditangani dengan baik sehingga tidak menimbulkan kendala lagi.

70 bus TMP tersebut terdiri dari 50 bus hibah dari Kementerian Perhubungan pada Januari lalu ditambah dengan 20 bus besar TMP yang telah selesai diperbaiki.

Dikatakan oleh Wali Kota, mengenai pemeliharaan serta biaya operasional bus TMP ini akan ditanggung oleh Pemko Pekanbaru. Oleh sebab itu, ia berharap agar tak ada masalah lagi terkait angkutan massal di Kota Pekanbaru.

Selain itu, Pemko tengah memulai pembangunan jalan lingkar di perbatasan sekitar Kota Pekanbaru yakni Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Pelalawan.

Pembangunan jalan lingkar luar ini juga merupakan salah satu program strategis Pemko Pekanbaru dalam mewujudkan pengembangan kawasan Perkotaan Pekan Sikawan.

Wali Kota berharap seluruh kawasan di Kota Pekanbaru tidak ada lagi yang terisolasi, selain itu juga memberikan jangkauan transportasi yang cepat bagi masyarakat Kota pekanbaru maupun bagi masyarakat di kawasan perbatasan Pekanbaru.