Breaking News
Home » Berita » Berita Pekanbaru » 32 Kasus Karhutla Terjadi di Pekanbaru

32 Kasus Karhutla Terjadi di Pekanbaru


Water Boombing Pekanbaru

Selama bulan September, telah terjadi kebakaran hutan dan lahan sebanyak 32 kasus di Kota Pekanbaru. Hal ini berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru.

Jika dibandingkan dengan beberapa bulan yang lalu, memang terjadi peningkatan. Hal tersebut diakui oleh Kepala BPBD Kota Pekanbaru, Burhan Gurning, Kamis (10/9) di Pekanbaru.

Bahkan dalam satu hari bisa terjadi dua kali kasus karhutla yang membuat tim pemadam kebakaran harus bekerja lebih ekstra lagi serta kewalahan.

Karena tak jarang satu tim yang tergabung dalam shift 1×24 jam juga memadamkan api di dua tempat berbeda dalam waktu yang berdekatan.

Kabar baiknya, saat ini Pemerintah pusat terus menyusun kekuatan untuk menanggulangi karhutla di Sumatera, termasuk di Riau. Kepala BNPB RI, Willem Rampangilei berusaha membuktikan janjinya melenyapkan asap dalam waktu dua pekan.

Kamis (10/9) pagi dia memimpin apel siaga dan gelar pasukan di Markas Operasi TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Diperkirakan sekitar 2.500 personel siap diterjunkan kapan pun dan dimana pun, agar asap hilang.

Saat ini pun, Polri mulai bergerak cepat untuk memenjarakan para pembakar lahan. Sebanyak 59 kasus pembakaran di Sumatera dan Kalimantan telah ditangani oleh Polri. Tak tanggung-tanggung, sekarang sudah ada 73 orang yang ditetapkan sebagai tersangka.


About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *