Ners Muda: Hidup Bersih dan Sehat Tanpa Batas
Home » Pendidikan » Kampus » Ners Muda: Hidup Bersih dan Sehat Tanpa Batas

Ners Muda: Hidup Bersih dan Sehat Tanpa Batas


Ners Muda Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Riau mengadakan acara Loka Karya Mini Masyarakat I (LKMM I) dan Pengukuhan RW SIAGA BERSATU (Bermasyarakat Sehat, Aktif dan Bermutu)  di  RW 15 Kelurahan Tengkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya.

LKMM I berlangsung pada hari Kamis (1/12/2016), di Aula Pertemuan Kantor Kelurahan Tengkerang Utara pukul 13.30 WIB. Acara ini bertujuan untuk memaparkan hasil dari diskusi antara masyarakat RW 15 dan Ners Muda tentang masalah kesehatan yang didapatkan dari hasil pengkajian oleh Ners Muda dan membahas 5 Strategi Intervensi Keperawatan Komunitas untuk mengatasi masalah kesehatan di RW 15.

Acara ini di hadiri oleh Camat Bukit Raya, Masykur Tarmizi, Lurah Tengkerang Utara, Genta Bawana Masda, serta Perwakilan dari Puskesmas Harapan Raya, Hotma, dan Endah Ulandari.

Koordinator Praktik Profesi Keperawatan Komunitas Universitas Riau, Ari Pristiana Dewi menyampaikan bahwa kegiatan LKMM I merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan Ners Muda untuk menyampaikan hasil PRE LKMM yang sudah didiskusikan bersama masyarakat RW 15.

Ners Muda melakukan pengkajian masalah kesehatan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, penyebaran kuisioner, dan winshield survey.

“Kegiatan PRE LKMM bertujuan memprioritas masalah kesehatan dan strategi intervensi yang akan dilakukan sehingga hasilnya tersebut disampaikan pada kegiatan LKMM I,” ungkap Pristi.

RW 15 juga merupakan salah satu daerah yang berada di aliran Sungai Sail sehingga sesuai dengan Visi dan Misi Program Studi Ners PSIK UR yang memfokuskan asuhan keperawatan pada masyarakat dialiran sungai sekitarnya

Camat Bukit Raya mengungkapkan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Universitas Riau khususnya Ners Muda Praktik Profesi Keperawatan Komunitas karena sudah terbukti kurang lebih selama dua minggu di RW 15 telah berhasil membentuk RW SIAGA di RW 15 Kelurahan Tengkeramg Utara Kecamatan Bukit Raya. B

Masykur Tarmizi juga mengharapkan dengan pembentukan RW SIAGA BERSATU ini akan membawa kemaslahatan bagi masyarakat di RW 15.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengukuhan RW Siaga Bersatu oleh Lurah Tengkerang Utara, Genta Bawana Masda, dan pemotongan pita secara simbolis. Harapan kedepannya Ners Muda bersama pejabat setempat, RW Siaga dan masyarakat bekerjasama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya RW 15 Kelurahan Tengkerang Utara Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru.

About Tengku Hanum