Mengintip Agrowisata Tenayan Raya

34

Meskipun tidak memiliki wisata alam seperti Provinsi Sumatera Barat, Kota Pekanbaru memiliki keindahan dan keunikannya tersendiri di bidang pariwisata. Salah satunya Agrowisata Tenayan Raya.

Agrowisata Tenayan Raya ini letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Pekanbaru. Berada di Jalan Kadiran, Kelurahan Sialang Rampai, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, agrowisata ini telah berdiri sejak tahun 2013 lalu.

Agrowisata ini memiliki konsep wisata edukasi, jadi pengunjung bisa berwisata sekaligus belajar banyak hal tentang dunia pertanian dan peternakan. Dengan lahan seluas 1,5 hektar tersebut diisi dengan berbagai macam hewan ternak seperti kambing, lebah kelulut, ikan, dan angsa. Sedangkan untuk bidang pertanian, ada padi, jambu madu, lengkeng, jagung, kangkung, jeruk peras dan jeruk kasturi.

Jika Encik dan Puan berlibur ke agrowisata ini, Encik dan Puan akan diberikan mentor yang berpengalaman untuk menjelaskan dan memberikan pengetahuan seputar pertanian dan peternakan.

Selain itu, Encik dan Puan juga akan diedukasi bagaimana menanam padi, panen kangkung, memberi makan hewan ternak, menanam bibit di polybag dan lainnya. Untuk hasil bibitnya, pengunjung bisa membawa pulang dan mendapatkan sertifikat agrowisata.

Tidak hanya edukasi seperti di atas yang bisa Encik dan Puan dapatkan di Agrowisata Tenayan Raya ini, di kawasan ini juga terdapat permainan anak-anak seperti panahan, flying fox, motor ATV, dan kolam renang. Asyiknya semua objek ini bisa kita nikmati sekaligus dalam satu kawasan.

Tidak cukup sampai di situ, bagi Encik dan Puan yang ingin memetik buah langsung dari pohonnya, Agrowisata Tenayan Raya juga memiliki lahan buah-buahan khusus bagi pengunjungnya.

Seperti yang dikatakan mentor di Agrowisata Tenayan Raya, Herli Kusnarti, buah-buahan yang ada di kawasan ini tidak pernah dijual keluar dan diberikan kepada pengunjung yang hendak membeli langsung.

“Buah yang ada disini khusus kami sediakan bagi pengunjung yang ingin makan buah dan memetiknya langsung dari pohonnya,” katanya.

Untuk harga tiket masuk di taman ini cukup murah yaitu harga tiket untuk umum Rp 10.000, harga tiket khusus atau family gathering Rp 15.000, dan harga tiket paket agrowisata Rp 50.000. Semua tiket tersebut telah disesuaikan dengan paket wisata yang didapatkan pengunjung ketika berwisata.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_) on

Selain itu, ada banyak juga fasilitas yang tersedia yang bisa dinikmati Encik dan Puan, yakni restoran terapung, gazebo dan pendopo, tempat parkir, toilet, kantin, taman buah dan sawah, kolam pancing, tempat outbound, serta yang tidak kalah penting mushola yang berada di atas kolam ikan.

Eitts, bagi Encik dan Puan yang suka selfie, tidak perlu khawatir. Di agrowisata ini juga menyediakan spot foto yang menarik dengan adanya ayunan, rumah kelinci, arena permainan yang unik serta masih banyak lainnya. Jadi tidak perlu cemas tidak ada bahan update-an di media sosial ya Encik dan Puan.

Menarik bukan? Yuk datang ke sini dan nikmati langsung paket liburan edukasinya. Selain menambah wawasan, agrowisata ini juga tentunya memberikan sertifikat agro yang bermanfaat.