Home » Berita » Berita Riau » #cuacaRIAU Musim Pancaroba, Riau Rawan Petir

#cuacaRIAU Musim Pancaroba, Riau Rawan Petir


Hujan disertai petir yang terjadi di Riau disebutkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru disebabkan Riau memasuki musim peralihan (Pancaroba) dari musim hujan ke musim kemarau. Untuk itu perlu diwaspadai terjadinya petir yang diawali dengan hujan mengingat sudah ada beberapa korban tewas akibat tersambar petir.

Kepala Kantor BMKG Pekanbaru, Ferry Sitorus melalui staf analisa Slamet Riyadi, Rabu (1/5) menyebutkan, posisi matahari saat ini berada diatas equator makanya penguapan suhu cukup bagus, dan inilah yangmemicu pertumbuhan hujan ekstrim yang disertai dengan sambaran petir, serta puting beliung.

‘’Pengaruh cuaca lokal juga sangat mendukung terjadinya kondisi ini, karena suhu siang hari cukup panas, dan pebentukan awannya bagus. Imbauan kami, karena musim pacaroba rawan terjadi petir dan merata, ini harus diwaspadai, kata Slamet.

Dari kondisi matahari yang berada di atas equator itu, maka penguapannya bagus, pembentukan awan juga bagus. ‘’Ini yang menjadikan hujan lebat dan petir. Di samping itu dari tolak anginnya, angin di wilayah Riau itu secara umum pas di daerah pembelokan, sehingga biasanya anginnya rendah, otomatis pembentukan secara vertikalnya bagus,’’ jelasnya lagi.

Bagaimana dengan kekuatan petir yang dihasilkan? Dikatakannya, soal kekuatan petir yang terjadi tidak bisa diukur. ‘’Soal petir, kekuatannya tidak bisa diukur, kami tidak bisa mengukur, kami hanya bisa mendeteksi daerah-daerah yang terjadi. Itu pun di daerah sambaran ketika sudah terjadi. Sulit untuk memprediksi petir itu,’’ tuturnya.

Sumber : Riau Pos


About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *