#beritaPKU Bekas Kantor PU Jadi Ruang Terbuka Hijau

3

Eks Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau akan disulap menjadi ruang terbuka hijau. Ini dilakukan sebagai komitmen menciptakan kenyamanan dan keasrian di pusat kota yang terus bersolek dengan pembangunannya.

Langkah itu merupakan dukungan untuk mewujudkan green city sebagai salah satu indikator daerah maju yang ramah lingkungan. Progres tersebut direalisasikan, setelah gedung baru di Jalan SM Amin dioperasionalkan.

Informasi itu diutarakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau SF Hariyanto, Jumat (17/5). Dia menilai, kantor yang sudah berumur 40 tahun lebih itu sudah dikonsep sedemikian rupa untuk menjadi ruang terbuka hijau dan tempat bersantai masyarakat.

‘’Berbagai tawaran datang, namun kami tetap komit untuk menjadikan kantor PU lama ini menjadi kawasan ruang terbuka hijau. Karena, di Pekanbaru, kawasan itu masih sangat terbatas,’’ tuturnya.

Saat ditanyakan mengenai konsep ruang terbuka hijau yang dimaksud, dia mengatakan nantinya eks kantor PU akan ditanami pepohonan yang rindang. Selain itu, akan dilengkapi dengan pertamanan dan tempat peristirahatan sederhana menyerupai taman kota.

‘’Kami akan membuat senyaman mungkin. Yang pasti, suasana asri tetap prioritas. Masyarakat dapat berolahraga dan bersantai dikawasan tersebut,’’ ulas Hariyanto.

Tidak hanya itu, dia juga menambahkan, bahwa kawasan ruang terbuka hijau akan didukung dengan sarana transportasi terbaik. Jalan Ahmad Yani dan Jalan Riau di sekitar kawasan ruang terbuka hijau akan diperlebar. Ini diperlukan untuk mengatasi kemacetan di kawasan tersebut.

Sementara saat disinggung mengenai progres gedung PU, dia mengatakan progres pengerjaan gedung delapan lantai itu sudah 95 persen.

Saat ini, pihaknya sedang melakukan finalisasi untuk beberapa aspek penunjang, seperti halaman parkir dan penyempurnaan dari beberapa asepk fisik lainnya.

Gedung yang berwarna biru dengan dilengkapi balai wartawan dan auditorium itu akan dioperasionalkan pertengahan Juni mendatang. Sehingga, implementasi ruang terbuka hijau untuk eks kantor PU dapat segera terealisasi. (Riau Pos)