#beritaPKU 50 Bus untuk Koridor Baru
Breaking News
Home » Berita » Berita Pekanbaru » #beritaPKU 50 Bus untuk Koridor Baru

#beritaPKU 50 Bus untuk Koridor Baru


Pembangunan 180 halte baru Trans Metro Pekanbaru sampai Rabu (22/5), terlihat belum kunjung rampung. Rata-rata proses pembangunan haltenya baru selesai kerangka serta lantainya, itupun belum sempurna. Atap ratusan halte pun belum satupun terpasang, namun demikian optimis pengoperasian 50 bus bekas dapat berjalan sesuai yang ditargetkan 23 Juni bertepatan dengan HUT Kota Pekanbaru.

Direktur Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Heri Susanto, mengatakan segala persiapan jelang pengoperasian 50 bus tersebut terus berjalan. Diharapkan dia proses lelang yang sedang berjalan di LPSE dapat rampung sesuai yang ditargetkan sehingga pengoperasian bus tersebut tidak mundur. Kriteria puluhan bus yang akan dioperasikan pada koridor baru tersebut dalam kondisi tidak baru alias bus bekas dengan tahun pembuatan paling rendah tahun 2012.

‘’Tentang merk bus yang akan disewa ini belum pasti, namun bisa saja merek Hino atau yang lain dan nilai sewa bus itu sebesar Rp7,5 miliar serta bus sudah dipakai paling rendah tahun 2012,’’ ujar Heri kemarin.

Kriteria bus yang akan disewa PD Pembangunan tersebut pun berukuran sedang yang berukuran seperti bus kota yang beroperasi di Pekanbaru. Untuk periode pertama sewa bus yang pakai untuk koridor baru tersebut dengan jangka waktu paling lama enam bulan. Jadi enam bulan kedua bisa jadi dilanjutkan sewa atau membeli bus. Sampil berjalan enam bulan pertama tersebut PD Pembanguan terus melakukan pengkajian secara teknis dan ekonomis. Sehingga menjadi pertimbangan ke depan apakah lebih ekonomis membeli bus seperti yang direncanakan awal atau sistem sewa tetap dilanjutkan setelah enam bulan pertama.

‘’Bisa jadi setelah enam bulan sewa pertama selesai ke depannya bisa membeli atau juga melanjutkan sewanya, namun ini tetap terus dikaji PD Pembangunan bekerja sama dengan konsultan,’’ terang dia. Ditambahkan Heri, menjelang pengoperasian 50 bus tersebut diperlukan sekitar 115 sopir baru untuk sistem shif bergantian, setiap bus ada dua sopir. Saat ini lowongan sopir masih dibuka PD Pembangunan. (Riau Pos)

About Admin