Berani Gundul, Kampanye Melawan Kanker Pada Anak-anak
Breaking News
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Berani Gundul, Kampanye Melawan Kanker Pada Anak-anak
  • Penyerahan Plakat

  • Relawan Pertama Aksi Berani Gundul, Akbar

  • Akbar, merupakan mahasiswa semester 2 UIN SUSKA Riau, yang juga anggota komunitas Sahabat Noah

  • Penampilan dari anak-anak penderita kanker

Berani Gundul, Kampanye Melawan Kanker Pada Anak-anak


Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Riau menggelar acara “Berani Gundul, Lawan Kanker Pada Anak” dengan tema metamorphosis, yakni kampanye melawan kanker pada anak-anak, di Mal Ciputra Seraya, Ahad (26/2).

Adapun pelaksanaan acara ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Kanker Anak Internasional 2017 yang jatuh pada tanggal 15 Februari yang lalu.

Ketua YKAKI Riau, Elvi Riawati dalam sambutannya mengatakan bahwa aksi Berani Gundul yang telah diselenggarakan untuk kedua kalinya ini merupakan bentuk dukungan secara visual kepada anak-anak penderita kanker, karena mereka mengalami kerontokan rambut akibat kemoterapi.

“Mereka butuh support dan motivasi. Bukan hanya obat yang bisa menyembuhkan, namun juga kepedulian dari kita semua. Karena kepedulian tersebut merupakan kunci berhasilnya pengobatan mereka,” ujarnya.

Di lain pihak, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Muhammad Ridwan, menegaskan bahwa kanker tidak menular, tapi dapat dicegah dengan cara berhenti merokok untuk perokok aktif dan menghindari asap rokok untuk perokok pasif.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Helda Suryani Munir, mengatakan bahwa dengan kegiatan Berani Gundul ini, maka kita dapat mengerti apa yang dirasakan oleh para penderita kanker.

Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan penyerahan plakat dari Ketua YKAKI Riau Elvi Riawati, kepada Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Riau Muhammad Ridwan, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Helda Suryani Munir.

Usai penyerahan plakat tersebut, acara kemudian dilanjutkan dengan aksi Berani Gundul. Hadir sebagai relawan pertama adalah Akbar, mahasiswa semeseter 2 UIN Suska Riau yang juga merupakan anggota dari komunitas Sahabat Noah Pekanbaru.

Jika tidak ingin ikut aksi Berani Gundul, kita juga dapat hanya merapikan rambut saja atau berdonasi minimal Rp50.000 atau berfoto bersama maskot YKAKI Riau, Kiki, yang akan dicetak langsung dengan membayar Rp10.000.

Para anak-anak penderita kanker dari YKAKI Riau yang hadir kemudian menyanyikan lagu dan membaca puisi yang menyentuh. Selain itu juga ada penampilan pentas seni, show performance dari berbagai komunitas di Kota Pekanbaru, school performance dan masih banyak lagi.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila