Breaking News
Home » Berita » Ada Drone Dalam Pasukan Surat Menyurat Singapura
Screen-Shot-2015-10-08-at-11.27.00-am

Ada Drone Dalam Pasukan Surat Menyurat Singapura


Screen-Shot-2015-10-08-at-11.27.00-am

Layanan pos negara Singapura telah memulai untuk melakukan ujicoba penggunaan drone (pesawat tak berawak) dalam lingkungan surat menyurat negara tersebut. SingPos mengumumkan salah satu kendaraan tak berawak ini sukses mengantar surat dan t-shirt dari Lorong Halus ke Pulau Ubin dengan jarak sekitar 2.3 km, dalam kurun waktu 5 menit.rute terbang sing pos

Drone ini dibangun menggunakan platform Pixhawk Steadidrone oleh IDA Labs untuk memenuhi armada pengiriman model baru dari SingPost, dan disesuaikan untuk digunakan dalam lingkungan seperti Singapura.

Dalam sebuah pernyataan, Jacqueline Poh, managing director dari IDA, mencatat hambatan regulasi yang perlu diatasi sebelum Singapura mulai untuk melihat lebih banyak drone di langit adalah “mempertimbangkan faktor komersial dan keamanan  yang layak di gunakan dalam proses pengiriman,” katanya.

SingPost menegaskan pesawat tak berawak ini dilengkapi dengan fitur keselamatan, dan dilengkapi dengan aplikasi prototipe yang dirancang dengan fitur keamanan dan verifikasi yang menjamin surat sampai pada  penerimanya. Drone ini memiliki kapasitas muatan hingga setengah kilogram, dan terbang pada ketinggian hingga 45m. Fokus penerbangan adalah untuk menguji batas-batas teknologi pesawat tanpa awak tersebut.

Penerbangan pesawat tak berawak dilakukan dengan izin dan kerjasama dari Infocomm Development Authority of Singapore, Departemen Perhubungan, Otoritas Penerbangan Sipil Singapura, Maritim dan Otoritas Pelabuhan Singapura, Angkatan Udara Republik Singapura serta Kepolisian Singapura.


About Akbar

I am a slow walker, but I never walk back ~ Abraham Lincoln

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *