Wako Pekanbaru Panen Cabe Merah

8
panen cabe
Source: pekanbaru.go.id

Sabtu (26/12), Wali Kota bersama para tokoh masyarakat di kawasan kebun milik kelompok Tani Pemuda Mandiri di Kelurahan Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, memanen cabe merah.

Wali Kota sendiri menyampaikan apresiasinya kepada para pemuda yang tergabung dalam Kelompok Tani Pemuda Mandiri Kelurahan Muara Fajar.

Perlu diketahui bahwa kelompok muda ini telah berhasil mengolah lahan pertanian yang tersedia menjadi kebun cabe di kawasan Rumbai.

Keberhasilan tersebut oleh Wali Kota akibat andil yang sangat besar dari para pemuda, sehingga ikut menaikkan citra Kota Pekanbaru dari sisi budidaya cabe merah.

Wali Kota juga mengungkapkan bahwa dari kualitas cabe merah yang dipanen ini tidak kalah dengan daerah lain. Namun, diakuinya bahwa pihaknya kurang gencar mempromosikan hal tersebut.

Oleh karena itu pihaknya berharap kepada lapisan masyarakat untuk turut serta mempromosikan tentang keberadaan cabe merah serta komoditi sayur di Kota Pekanbaru.

Wali Kota juga berharap agar Kota Pekanbaru dapat menjadi sentra produsen cabe merah, sehingga Kota Pekanbaru tidak lagi tergantung pada pasokan dari daerah lain.

Selain memanen cabe merah, Walikota juga menyerahkan bantuan berupa bibit ayam dan bantuan ternak sapi serta penyerahan bantuan secara simbolis rumah layak huni (RLH) kepada warga Rumbai.

Adapun penyerahan RLH tersebut diserahkan oleh Wali Kota Firdaus kepada Pak Suma, warga Rumbai yang juga mantan veteran RI.

Kepala Dinas Pertanian Kota Pekanbaru, Hj El Syabrina, dalam sambutannya menyampaikan bahwa panen raya ini mampu menekan inflasi pada bidang komoditi cabai merah di Kota Pekanbaru.

Ia berharap dengan keberhasilan panen raya ini, dapat memotivasi para petani cabe di Pekanbaru agar dapat meningkatkan hasil panen berikutnya.

Kabar baiknya, harga cabe merah asal Bukit Tinggi yang berada di Pekanbaru menurun akibat panen raya ini. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Bidang Disperindag Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman.