Penyebab Jerawat Meradang
Home » Informasi » Penyebab Jerawat Meradang
Penyebab Jerawat Meradang
Penyebab Jerawat Meradang

Penyebab Jerawat Meradang


jerawat memang sangat menggangu karena jerawat dapat menghasilkan dampak psikologis akibat jerawat, yaitu stress dan rasa percaya diri yang menurun. bagaimana jika jerawat yang terdapat pada kulit merupakan jerawat meradang? Ada beberapa penyebab jerawat meradang , penyebabnya adalah :

 

  1. Infeksi Bakteri

penyebab jerawat dapat meradang di kulit adalah karena adanya infeksi bakteri. Infeksi bakteri ini dapat terjadi dikarenakan bakteri yang menempel di kulit dapat menutup dan menyumbat pori-pori kulit, sehingga ketika bercampur dengan sebum, maka akan menyebabkan jerawat meradang dan berwarna kemerahan.

 

  1. Memencet Jerawat

Memencet jerawat adalah salalh satu yang harus dihindari,akan tetapi masih banyak orang yang melakukan hal ini, baik itu disengaja atau tidak, karena memang rasa ‘gemas’ akibat timbulnya jerawat di kulit tidak dapat dihindari. Memencet jerawat membuat kulit  menjadi luka dan berwarna kemerahan, dan kulit akan mengalami pembengkakan.

Selain itu, memencet jerawat akan membuat  bakteri dan kotoran di tangan akan berpindah ke jerawat, sehingga jerawat akan meradang

 

  1. Memakai Kosmetik Saat Berjerawat

 

Memakai kosmetik yang salah saat berjerawat juga akan memiliki dampak peradangan pada jerawat. Saat berjerawat, maka mungkin beberapa orang memilih menggunakan kosmetik untuk menutupi  jerawat di kulit. Namun penggunaan kosmetik justru akan menutup pori-pori kulit berjerawat yang akan memperparah kondisi jerawat.Selain itu, beberapa bahan kimia dalam kosmetik akan mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat meradang.

 

  1. Mengkonsumsi Makanan Yang Tidak Tepat

 

Ketik sedang berjerawat di kulit, maka ada baiknya untuk memperhatikan jenis makanan yang di konsumsi,karena ketika  memilih makanan yang tidak tepat, maka produksi sebum di kulit akan menjadi bertambah dan hasilnya sebum ini jika berinteraksi dengan jerawat yang masih aktif akan menyebabkan peradangan jerawat.

 

  1. Handuk, Pakaian, dan Sarung Bantal Yang Kotor

 

kurangnya memperhatikan kebersihan barang pribadi yang sering bersentuhan dengan kulit yang terdapat jerawat adalah salah satu penyebab dari meradangnya jerawat. misalnya handuk, pakaian, dan sarung bantal. Jika jarang mencuci dan mengganti barang-barang ini , maka kuman dan bakteri akan nyaman berkembang biak . Ketika kulit bersentuhan dengan barang-barang yang ditumbuhi bakteri, maka bakteri akan berpindah ke kulitdan menyebabkan jerawat meradang.

 

  1. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Kita disarankan untuk mencuci wajah secara rutin untuk mencegah peradangan jerawat,akan tetapi  sering mencuci jerawat justru akan menimbulkan peradangan jerawat. ketika kita memiliki jerawat, maka mencuci wajah secara rutin merupakan salah satu cara untuk mencegah peradangan. Namun, jika mencuci wajah terlalu sering dalam sehari, maka yang terjadi justru sebaliknya. Segala hal yang dilakukan secara berlebihan memang  tidak akan berdampak bagus. Berikut ini kemungkinan yang akan terjadi jika kita terlalu sering mencuci wajah:

 

-Mencuci wajah terlalu sering dalam 1 hari akan membuat kulit kehilangan minyak esensial, sehingga hasilnya kulit akan menjadi terlalu kering. Bagi yang memiliki kulit kering, maka kehilangan sebum akan berdampak pada rentannya iritasi dari debu menyebabkan jerawat, kotoran, dan bakteri sehingga jerawat akan meradang.

-Mencuci wajah terlalu sering akan memang akan menghilangkan minyak berlebih bagi anda yang memiliki tipe kulit berminyak. Namun, terlalu sering mencuci jerawat akan membuat kulit menjadi kering, dan hal ini akan memicu kulit wajah memproduksi minyak lebih banyak lagi, sehingga akan membuat jerawat meradang dan menjadi penyebab jerawat gatal.

  1. Faktor Hormon

 

Hormon merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan jerawat meradang, terutama bagi yang sedang dalam masa-masa pubertas dan juga wanita yang sedang mengalami fase menstruasi. Biasanya, jenis hormon penyebab jerawat adalah hormon estrogen dan progesteron.

Pada saat pubertas, terjadi ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon akan menyebabkan sekresi minyak dan lemak pada kulit wajah secara berlebihan. ketika minyak  berinteraksi dengan jerawat yang masih aktif, maka jerawat akan meradang dan akan menimbulkan jerawat karena hormon.

Sama dengan ketika mengalami masa pubertas, wanita yang sedang menstruasi juga akan mengalami ketidakseimbangan hormon, yang membuat nantinya jerawat haid akan timbul karena minyak berlebih dan jugadapat mempengaruhi mood para wanita.

  1. Stress

stress juga menjadi alasan mengapa jerawat bisa meradang. ketika kita mengalami stress yang berlebih, tubuh akan melepas yang dinamakan hormon stress. sel-sel di kulit kita memiliki reseptor atas hormon stress, sehingga ketika ada hormon stress, reseptor kulit akan bereaksi dengan membentuk sebum, sehingga kulit wajah kita akan lebih berminyak daripada biasanya. Minyak yang berlebih ini jika berinteraksi dengan jerawat aktif, akan membuat jerawat menjadi meradang dan menimbulkan jerawat yang paling berbahaya.

About annisa rezkiana