Wisata Buku di Pekanbaru, Ini Daftarnya

0
1694
Wisata Buku di Pekanbaru

Tahukah Encik dan Puan pecinta literasi, di Kota Pekanbaru ada wisata buku lho. Bukan hanya toko-toko buku saja, tapi juga ada perpustakaan.

Perpustakaan di Pekanbaru

Perpustakaan merupakan salah satu wisata buku di Pekanbaru. Dimana di Kota Bertuah ini ada 2 perpustakaan, yakni Perpustakaan Soeman Hs dan Perpustakaan Tenas Effendy.

  • Perpustakaan Soeman Hs

Perpustakaan Soeman HS

Merupakan perpustakaan yang dinaungi oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Provinsi Riau. Lokasinya sendiri di tengah Kota Pekanbaru, yakni di Jalan Jenderal Sudirman. Bangunannya unik yang terinsipirasi dari alas baca Al-Quran yang sekilas juga mirip dengan buku yang sedang terbuka. Perpustakaan Soeman Hs ini terdiri dari 5 lantai, dimana di tiap lantainya terdapat area khusus untuk membaca buku, bahkan mengadakan berbagai kegiatan.

  • Perpustakaan Tenas Effendy

perpustakaan tenas effendy

Merupakan perpustakaan yang dinaungi oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kota Pekanbaru. Lokasinya berada di Jalan Dr Soetomo. Bangunannya memiliki banyak ukiran selembayung di beberapa sudut dinding gedung perpustakaannya. Di sini terdapat ribuan buku. Mulai dari koleksi buku pendidikan, pengetahuan umum, buku dongeng anak, buku sosial, konten lokal (budaya Melayu) dan buku ensiklopedia (buku kumpulan). Sedangkan judul buku elektroniknya mencapai 8.525 koleksi.

Toko Buku di Pekanbaru

Berikut ini daftar toko-toko buku yang ada di Pekanbaru:

Jalan Jenderal Sudirman

Sebagai jalan protokol di Pekanbaru dan pusat kota, tidak mungkin kalau tidak ada toko buku besar. Yuk lihat toko buku apa saja yang ada di Jalan Jenderal Sudirman.

  • Gramedia
    Sebagai toko buku terbesar di Indonesia, Gramedia Pekanbaru pun melebarkan sayapnya ke Pekanbaru. Dengan toko besarnya yang berpusat di Jalan Sudirman, Gramedia menjadi salah satu toko buku yang ramai dikunjungi di awal tahun pelajaran dan saat weekend.
  • Pustaka Bayu
    Kehabisan stok buku cetak di sekolah? Nah Bagi anak-anak sekolah yang kehabisan stok buku cetak, maka mampirlah ke Pustaka Bayu. Koleksi buku pelajaran dari berbagai penerbit, untuk anak sekolah dari TK- SMA lumayan lengkap di sini. Di Pustaka Bayu, selain menjual buku cetak, juga menjual berbagai macam peralatan sekolah, kantor, dan menjual snack-snack.
  • Toko Buku Budi
    Peminat sastra lama? Atau mencari koleksi buku-buku lama? Toko Buku Budi tempatnya. Berbagai sastra lama, sebut saja Salah Asuhan, Siti Nurbaya, Si Jamin dan Johan lengkap tersedia di sini. Selain koleksi sastra lama, Toko Buku Budi juga menjual buku-buku penunjang perkuliahan yang lengkap dan sesuai kebutuhan mahasiswa.
Jalan Jenderal Ahmad Yani

Kita tinggalkan kawasan Sudirman yang metropolis dan beralih ke jalan Jenderal Ahmad Yani. Di kawasan ini pun bisa dibilang kawasan yang lumayan padat juga, karena terdapat Pasar Kodim sebagai pasar tradisional. Di sini terdapat deretan ruko yang khusus untuk toko buku, berikut toko bukunya:

  • Cemara
  • Banua Jaya
  • Fajri Baru
  • Ikhlas
  • Riau Agung

Toko buku ini memang khusus menjual buku-buku umum dan kuliah. Berbagai jenis buku dengan bermacam-macam kualitas dijual di sini. Harganya pun murah dan cukup bersaing. Di awal tahun ajaran baru perkuliahan, akan sangat banyak mahasiswa-mahasiswi yang memadati toko buku tersebut.

Nah sudah pada tahu kan di mana tempat mencari buku yang bagus dan banyak macamnya. Yuk tetap budayakan membaca dan cintai buku ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.