Penyebab Jerawat di Kepala
Breaking News
Home » Informasi » Penyebab Jerawat di Kepala
Penyebab Jerawat di Kepala
Penyebab Jerawat di Kepala

Penyebab Jerawat di Kepala


Munculnya jerawat di kepala  sangat mengganggu karena jerawat yang terkena sinar matahari menyebabkan rasa gatal. Penyebab jerawat dapat muncul di berbagai area tubuh seperti :

Untuk jerawat yang tumbuh dikepala tentu berbeda dengan yang terdapat pada kulit wajah. kulit kepala yang menghasilkan minyak berlebih dan bercampur dengan debu yang bertebaran di luar ruangan menyebabkan jerawat pada bagian kepala

Berikut penyebab jerawat di kepala :

 

1.Kelenjar folikel

 

Fungsi dari kelenjar folikel adalah untuk memproduksi minyak yang bertujuan untuk melembabkan rambut agar tidak kering. Namun kelenjar folikel yang kinerjanya tersumbat dapat menjadi penyebab munculnya jerawat di kepala. faktor yang menjadikan kinerja folikel tersumbat adalah ketombe dan sel kulit kepala yang mati yang tidak di bersihkan dengan sempurna.

 

  1. Stress

 

Stres yang tidak terkendali dalam waktu lama dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan seperti jerawat pada kulit kepala. Untuk itu penting  mengelola stres dengan baik dan benar hingga tidak membawa dampak negatif pada kesehatan dan terutama jerawat.

 

  1. Aktivitas di luar ruangan

 

jerawat pada kulit kepala di sebabkan oleh banyaknya beraktifitas di luar ruangan yang menjadikan rambut mudah terkena debu. Ini karena debu yang mengenai kulit kepala dapat menutupi kelenjar folikel yang menyebabkan timbulnya jerawat. Banyak beraktifitas di luar ruangan yang menjadi masalah utama adalah sinar matahari dan juga debu.

 

Untuk mencegah timbulnya jerawat di kepala maka dapat menggunakan topi selama berada di luar ruangan. Namun jika sudah berada di dalam ruangan makan lepaskan topi karena pemakaian topi yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

 

4.Kurang menjaga kebersihan

Kebersihan menjadi faktor utama untuk tetap tampil wangi, harum dan bersih setiap harinya. Terlebih anda harus rajin merawat rambut dengan keramas menggunakan shampoo yang cocok unutk jenis kulit kepala. Kurang menjaga kebersihan bukan hanya menyebabkan rambut anda kusam dan lepek tapi juga menimbulkan jerawat yang menganggu dan dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala.

 

Idealnya mencuci rambut dengan keramas di lakukan sebanyak tiga kali seminggu itu untuk aktivitas yang berada di luar ruangan sedangkan untuk anda yang pekerja lapangan maka usahakan untuk keramas saat rambut mulai terlihat kusam dan lepek. Hal ini tidak hanya berguna untuk mencegah dan menghilangkan ketombe namun juga mencegah munculnya jerawat pada kulit kepala.

 

  1. Makanan

 

Makanan yang tidak sehat kadang dapat menyebabkan munculnya jerawat di kepala. Makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan dan kacang – kacangan serta makanan cepat saji bisa menyebabkan munculnya jerawat pada kepala. Permen yang mengandung pemanis buatan pun bisa jadi faktor munculnya jerawat. Karena bersifat manis gula darah juga jadi ikut naik hal ini menyebabkan jerawat mudah tumbuh sesuka hati di bagian – bagian tubuh.

 

  1. Shampo yang di bilas tidak bersih

 

Saat anda melakukan keramas untuk mencuci rambut agar bersih, anda menggunakan shampo yang bertujuan untuk membersihkan. Bilasan shampo yang tidak bersih dari kulit kepala dapat menyebabkan munculnya jerawat di kepala. Karena itu perlu benar – benar diperhatikan kebersihan kulit kepala untuk mencegah jerawat tersebut. Dalam pemakaian shampo untuk membersihkan rambut maka selanjutnya yang perlu di perhatikan adalah pemilihan shampo yang cocok untuk kulit kepala. Karena kadang shampo yang tidak cocok dengan jenis kulit kepala dapat menimbulkan jerawat juga.

 

  1. Kurang tidur

 

Kebanyakan begadang juga dapat menjadi penyebab munculya jerawat pada bagian kulit kepala. Aktivitas anda yang kurang tidur membuat tubuh kurang fit dan menjadikan proses metabolisme tubuh berjalan tidak sempurna. Untuk itu dalam masalah tidur harus anda perhatikan dengan baik agar tidak mengganggu kesehatan tubuh.

 

Begadang terlalu sering memang tidak baik karena mengganggu kinerja tubuh untuk meregenerasi sel sel kulit mati yang harusnya sudah terkelupas dengan baik menjadi terganggu. Jika sudah terjadi seperti ini maka dapat menimbulkan jerawat.

 

  1. Terlalu lama memakai topi

 

Jika kamu sering memakai topi bahkan cenderung tidak ingin melepaskannya baik saat di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Maka kondisi ini dapat menjadi penyebab munculnya jerawat pada kulit kepala. Ada baiknya pemakaian topi di lakukan saat berada di luar ruangan saja untuk menghindari teriknya sinar matahari. Jika sudah di dalam ruangan anda cukup melepaskannya.

About annisa rezkiana