Penyebab Jerawat Batu di Dagu
Home » Informasi » Penyebab Jerawat Batu di Dagu
Penyebab Jerawat Batu di Dagu
Penyebab Jerawat Batu di Dagu

Penyebab Jerawat Batu di Dagu


Jerawat seringkali muncul di berbagai tempat, baik di wajah, punggung, perut, tangan, atau area kulit sensitif lainnya. Pada wajah, dagu merupakan salah satu area yang seringkali muncul jerawat dan sulit untuk dihilangkan. Berbagai jenis jerawat dapat muncul secara tiba-tiba, namun hal ini dikarenakan adanya faktor penyebab jerawat.

Salah satu jerawat yang cukup parah dan mengganggu adalah jerawat batu. Jerawat batu bersifat keras dan bila di tekan dengan jari tangan maka dapat di rasakan kulit yang mengeras. Jangan menyentuh atau menekan jerawat batu karena anda dapat merasa kesakitan. Obat jerawat batu dapat anda gunakan mulai dari yang alami hingga obat medis di apotek.

 

penyebab munculnya jerawat adalah  karena wajah yang kotor, berminyak, banyak terdapat kulit mati, serta pori-pori yang tersumbat.

 

  1. Produksi minyak berlebih

 

Dagu adalah bagian zona T di wajah dan merupakan area yang sering berminyak. Pada dagu terdapat kelenjar minyak atau sebasea yang dapat menghasilkan minyak dalam jumlah banyak. i minyak yang banyak pada wajah perlu  dikeluarkan, karena apabila tersumbat pada pori-pori kulit dapat mengakibatkan jerawat batu muncul di dagu.

Produksi minyak memang dipengaruhi oleh hormon, terutama pada wanita saat sedang mengalami menstruasi. Pada wanita, jerawat yang muncul pada bagian wajah ke bawah sering disebut sebagai “jenggot jerawat”,yaitu jerawat yang tumbuh di dagu, rahang, dan leher. Area ini memang termasuk sering mengalami dampak dari pergantian hormon yang menjadi penyebab jerawat saat menstruasi

Selain pada wanita, laki-laki juga dapat mengalami ketidakseimbangan hormon saat masa pubertas sehingga produksi minyak menjadi berlebih.

 

  1. Iritasi Akibat Menekan Jerawat

 

iritasi terjadi karena bakteri dan kotoran yang menginfeksi kulit wajah, terutama saat kulit wajah berminyak. Jerawat batu sering muncul karena sel kulit mati yang menyumbat, ditambah lagi debu menyebabkan jerawat. Dagu merupakan area wajah yang terpapar kotoran akibat aktivitas sehari-hari.

Saat jerawat muncul dan meradang, tangan yang menyentuh dan menekan jerawat dapat mengakibatkan iritasi dan pembengkakan. sehingga jerawat batu bertambah parah. Jerawat merupakan luka yang terbuka sehingga disarankan untuk tidak menyentuh kulit wajah dengan tangan, terutama pada area yang berjerawat.

 

  1. Kosmetik

penggunaan kosmetik dapat menimbulkan jerawat karena kosmetik merupakan bahan kimia. Beberapa kosmetik mengandung minyak dan dan masuk ke pori-pori kulit. Kosmetik lainnya juga ada yang menggunakan bahan tidak baik untuk kulit wajah, sehingga sangat mudah menimbulkan jerawat batu bagi kulit wajah sensitif.

 

Untuk itu, disarankan untuk menghindari penggunaan kosmetik saat sedang muncul jerawat batu. Jika menggunakan kosmetik, pilihlah pada jenis kosmetik untuk wajah berjerawat agar aman untuk di gunakan.

 

  1. Racun dalam Tubuh

 

Salah satu penyebab jerawat batu di dagu adalah akibat menurunnya sistem imunitas tubuh, sehingga racun yang ada di dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan. Akibatnya, racun tersebut akan menumpuk, salah satunya membuat kulit menjadi tidak sehat. Penumpukan racun yang terjadi di sekitar wajah, yakni area rahang dan dagu dapat menjadi penyebab jerawat batu di dagu.

 

  1. Stress

 

stress merupakan sumber dari segala jenis penyakit, termasuk jerawat. Menurut penelitian yang dilakukan, diperoleh hubungan signifikan antara stress dengan jerawat yang muncul di wajah, khususnya area dagu.

 

Ketika stress, maka terjadi ketidakseimbangan hormon yang menjurus pada produksi minyak berlebih di wajah. Bila anda memiliki banyak pikiran, maka untuk merilekskan pikiran. Bila stress, akan terjadi penekanan di wajah. Hal itu karena otot-otot wajah menegang sehingga memicu produksi minyak dan menyebabkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat batu. Itulah sebabnya stress dapat memicu jerawat di dagu.

  1. Faktor Genetik

 

Kondisi kulit wajah yang berminyak tidak hanya disebabkan oleh faktor lingkungan, tetapi juga dapat disebabkan karena keturunan genetik. Jika anggota keluarga sering mengalami permasalahan jerawat batu, maka bisa jadi hal yang sama akan dirasakan keturunannya . dikarenakan faktor genetik produksi minyak yang berlebih.

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, minyak berlebih dapat menjadi penyebab jerawat batu muncul. Untuk mengatasi hal ini,pengguna harus tahu pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak serta menghindari makanan penyebab jerawat di wajah. Tindakan preventif perlu dilakukan agar produksi minyak di wajah berkurang sehingga jerawat tidak muncul.

 

  1. Keringat

Keringat yang mengalir dan tidak dibersihkan dapat menjadi penyebab jerawat batu di dagu.Keringat yang keluar dari pori-pori kulit akan bercampur dengan minyak. Setelah itu, pori-pori kulit akan lebih mudah tersumbat dan infeksi kotoran membuat bakteri penyebab jerawat tumbuh. Hal ini dapat terjadi di area kulit mana saja, termasuk dagu.

 

Oleh sebab itu, saat berkeringat, sekalah dan bersihkan dengan benar. Jangan biarkan keringat terlalu lama di kulit. Gunakan tisu bersih atau handuk bersih.

About annisa rezkiana