Olahraga untuk Ibu Hamil
Home » Keluarga » Olahraga untuk Ibu Hamil
olahraga untuk ibu hamil
olahraga untuk ibu hamil

Olahraga untuk Ibu Hamil


Selama kehamilan , seorang ibu akan mudah lebih cepat merasa lelah , karena menopang janin yang ada di dalam perutnya . oleh karena itu saat sedang hamil , sebaiknya ibu tidak melakukan aktivitas yang berlebihan agar ibu tidak mudah kelelahan.

Namun dengan demikian,bukan berati ibu hamil itu hanya harus bermalas-malasan dan tidak melakukan aktivitas apapun. Berolahraga saat kehamilan adalah salah satu aktivitas yang baik untuk ibu selama masa kehamilan . karena itu akan bermanfaat baik untuk ibu dan kehamilannya. Dan yang pasti cara berolahraga yang berbeda untuk ibu hamil.

 

Dengan berolahraga saat hamil, banyak manfaat baik yang di dapatkan oleh ibu hamil dan janinnya. Dengan berolahraga bisa bermanfaat untuk memperbaiki rasa mood pada ibu hamil,lebih nyaman pada saat tidur dan mengurangi pegal-pegal pada pinggang. Selain itu, ibu juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik ketika nanti melakukan persalinan , karena otot pada ibu hamil yang sudah terlatih karena berolahraga pada saat hamil. Dengan berolahraga rutin juga akan memudahkan ibu hamil mengembalikan kondisi tubuh pada saat setelah persalinan.

 

Inti dari berolahraga saat hamil adalah untuk memperbaiki sistem kerja jantung,mengatur berat badan pada ibu hamil,menjaga kebugaran tubuh dan menyiapkan kondisi otot-otot untuk masa persalinan.

 

Beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah :

 

JALAN KAKI

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang terbaik untuk dilakukan ibu pada saat hamil. Jalan kaki bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan untuk menjaga kondisi ibu agar tetap fit. Selain itu jalan kaki ini amat sangat mudah untuk dilakukan semua orang dimana pun dan tidak memerlukan perlatan apapun.

Ibu hamil bisa melakukan jalan kaki ini 30 menit dalam sehari. Selama melakukan olahraga jalan kaki untuk ibu hamil ini,hindari untuk ibu hamil mengalami dehidras,dan agar membawa air minum untuk persediaan ibu hamil. Dan hindari untuk ibu hamil melakukan jalan kaki di saat terik matahari.

Olahraga jalan kaki ini harus di berhentikan ketika ibu hamil mengalami pendarahan,sesak nafas,kon traksi,pusing,sakit pada bagian dada,atau gejala adanya pecah ketuban pada ibu hamil.

 

BERENANG

Berenang ini juga menjadi salah satu olahraga yang terbaik untuk ibu hamil. Karena berenang sangat melatih otot-otot besar seperti tangan dan kaki. Berenang juga baik untuk kinerja jantung dan menurunkan berat badan pada ibu hamil yang mengalami over weight. Berenang ini adalahs alah satu olahraga yang menghindari ibu hamil mengalami dehidrasi. Namun tetap saja untuk lebih baik , ibu hamil minum 1 gelas setiap 15 menit berenang ataupun 1 gelas setelah selesai berenang. Berenang bisa dilakukan 30 menit dalam sehari.

 

SENAM HAMIL

Senam hamil ini adalah olahraga yang biasanya dilakukan ibu hamil sendiri dengan cara melihat DVD yang tersebar. Namun, lebih baik jika ibu hamil melakukan senam hamil ini dengan di pandu oleh ahlinya dan mengikuti kelas senam ibu hamil. Selain mendapatkan panduan yang tepat, ibu hamil juga bisa berinteraksi dengan ibu hamil lainnya. Ibu dapat berbagi informasi dan pengalaman dengan ibu hamil lainnya . senam hamil ini bermanfaat untuk melenturkan otot-otot pada ibu hamil yang bermanfaat untuk masa persalinan nanti.

 

YOGA

Yoga ini juga akan lebih bagus untuk mengikut kelas-kelas yoga untuk ibu hamil, sama halnya dengan senam hamil. Kelebihan dari yoga ini adalah melatih pernafasan ibu hamil dan juga relaksasi yang sangat penting untuk persalinan, karena pada masa persalinan , ibu hamil harus bisa bernafas dengan baik dan rileks agar melakukan persalinan dengan baik.                 Relaksasi ini juga bermanfaat untuk mengurangi rasa takut pada ibu saat masa persalinan.

 

PEREGANGAN

Peregangan untuk ibu hamil ini , bermanfaat untuk fleksibelitas tubuh ibu yang sangat diperlukan saat masa persalinan. Peregangan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada saat masa persalinan. Latihan peregangan ini juga dapat membantu relaksasi pada ibu hamil

Itulah beberpa olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Namun, sebelum melakukan olahraga tersebut , ibu hamil dapat berkonsultasi dahulu dengan dokter. Karena tidak semua ibu hamil bisa melakukan olahraga tersebut

 

About annisa rezkiana