obat batuk untuk ibu hamil
Breaking News
Home » Keluarga » obat batuk untuk ibu hamil
obat batuk untuk ibu hamil
obat batuk untuk ibu hamil

obat batuk untuk ibu hamil


Saat seorang ibu sedang hamil,tubuh ibu tersebut mengalami penurunan kekebalan tubuhnya. Hal tersebut menyebabkan ibu hamil dapat dengan mudah terserang virus dan bakteri. Salah satu contohnya adalah,batuk saat hamil baik trimester 1,2 ataupun 3. Namun ada yang menganggap batuk ini hal yang tidak bahaya atau lebih tepatnya hal sepele, akan tetapi batuk tidak boleh di sepelekan karena dapat membahayakan tubuh ibu hamil dan memicu menjadi penyakatin lain yang berbahaya,bahkan dapat menyebabkan keguguran pada ibu hami tersebut

Untuk itu , ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengobati batuk pada ibu hamil tersebut,medis ataupun secara alami.

Berikut beberapa cara yang dapat di coba untuk mengobati batuk pada ibu hamil

1.mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Biasanya batuk pada ibu hamil terjadi karena serangan flu,flu disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam tubuh,pada saat kondisi kekebalan tubuh stabil , virus yang masuk ketubuh biasanya akan mati dengan sendirinya . makanan yang sehat dan bergizi mengandung karbohidrat ,protein,lemak dan mineral. Dengan mengkomsumsi makanan yang sehat dan bergizi dengan teratur maka batuk pada ibu hamil bisa sembuh secara alami

2.membiasakan diri untuk mencuci tangan

Karena batuk ringan pada ibu hamil biasanya di sebabkan oleh virus dan bakteri kedalam tubuh,maka ada cara yang simple untuk mengatasinya,yaitu dengan membiasakan untuk mencuci tangan. Ibu hamil cukup mencuci tangan dengan baik saat akan melakukan aktifitas, terutama saat sebelum ataupun sesudah makan. Tapi cara simple ini hanya dilakukan apabila ibu hamil mengalami batuk ringan dan tidak ada gejala penyakit lain yang termasuk ke dalamnya,seperti batuk rejan.

3.istirahat yang cukup

Batuk juga bisa disebabkan karena ibu hamil cepat lelah. Saat hamil,cepat lelah menjadi hal yang wajar untuk ibu hamil. Terutama untuk yang pertama kali hamil dan kaget dengan kondisi tubuh saat hamil. Maka dari itu ibu harus bisa berisititahat dengan cukup , seperti tidur siang di saat waktu luang dan juga tidur malam yang cukup . jika ibu tidak bisa tidur malam , maka cobalah mendengarkan musik-musik yang tenang dan sambil bersantai di sofa atau membaca buku. Ibu hamil tidak boleh begadang , karena  banyak dampak buruk lain lagi.\

4.cukup minum air putih

Air putih dapat menyembuhkan batuk pada ibu hamil secara alami karena air putih sangat baik untuk ibu hamil. Air putih dapat membantu membuang semua racun yang ada pada tubuh . air putih juga membilas semua racun termasuk bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh ibu hamil. Ibu hamil bisa mencobak mengkonsumsi air putih hangat atau air putih biasa

5.memenuhi kebutuhan vitamin C

Vitamin C sangat baik untuk kesehatan pada ibu hamil. Vitamin C adalah salah satu yang dapat mendukung kekebala tubuh pada ibu hamil. Vitamin C juga bisa membantuk agar ibu hamil tidak mudah sakit. Vitamin C bisa di dapatkan dari mengkonsumsi jeruk, strawberry,melon,lemon dan juga vitamin C yang di berikan oleh dokter.

6.Minum lemon dan madu

Lemon dan madu menjadi salah satu herbal alami untuk menyembuhkan batuk bagi ibu hamil. Lemonadalah salah satu buah mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kemudian madu juga mengandung mineral seperti magnesium yang bisa menjadi antibiotik alami. Ibu hamil bisa mencoba membuat satu gelas air hangat yang dicampur dengan madu dan potongan jeruk lemon. Minum air ini ketika ibu hamil merasa tenggorokan sakit atau kapan saja. Minuman ini bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat.

7.Cobalah mengkonsumsi suplemen minyak ikan

Minyak ikan bisa membantu tubuh ibu hamil menjadi lebih sehat termasuk untuk melawan penyebab batuk yang di sebabkan oleh virus dan bakteri. Ada beberapa suplemen seperti minyak ikan salmon dan minyak ikan kod sangat baik untuk ibu hamil. Tapi jangansampai ibu hamil  mengkonsumsi berlebihan dan akan lebih baik jenis suplemen minyak ikan didapatkan dari resep dokter. Bahan ini tidak hanya sehat tapi juga bisa membantu otak anak menjadi lebih cerdas sejak dalam kandungan. Nutrisi omega 3 alami yang ditemukan dalam minyak ikan bisa membantu bayi ibu hamil menjadi lebih cerdas.

8.Makan sup kaldu tulang

Ibu hamil yang sedang batuk biasanya tidak nafsu makan karena selalu batuk. Ini bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah akibat kurang nutrisi. Untuk itu bisa mencoba membuat sup kaldu tulang baik itu dari ayam atau sapi. Sertakan sedikit daging untuk membantu mengembalikan zat besi dalam tubuh ibu hamil. Campuri dengan wortel, seledri, kubis dan sayuran lain sesuai selera. Jangan menambahkan garam untuk masakan ini karena bisa meningkatkan resiko hipertensi pada ibu hamil. Makan sup kaldu ketika masih hangat agar tubuh lebih segar.

 

9.Makan roti gandum dan minyak kelapa

Minyak kelapa sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Minyak kelapa merupakan salah satu  obat antibiotik alami yang bisa melawan bakteri atau virus. Ibu  bisa mencoba untuk makan roti gandum yang kaya dengan serat dan gunakan minyak kelapa sebagai bahan olesan. Gantikan coklat atau selai kacang dengan minyak kelapa. Nutrisi ini sangat baik untuk membantu tubuh ibu hamil tidak terlalu lemah.

 

10.Hindari gula pemanis

Sekarang banyak minuman yang beredar dan mengandung gula pemanis seperti jus atau sari buah. Untuk ibu hamil yang sedang batuk maka tidak boleh untuk mengkonsumsi apapun yang mengandung gula pemanis. Sebagai gantinya maka ibu bisa mencoba membuat jus buah sendiri dengan gula yang lebih sedikit. Ini tidak hanya membuat ibu hamil sehat tapi juga mencegah bahaya pemanis buatan bagi janin dan ibu hamil.

 

Itulah beberapa cara dan obat batuk untuk ibu hamil

 

TERIMA KASIH

About annisa rezkiana