"Kempang" sebagai Transportasi Andalan di Meranti - InfoPKU
Home » Sosial » “Kempang” sebagai Transportasi Andalan di Meranti

“Kempang” sebagai Transportasi Andalan di Meranti


Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai kabupaten termuda di Provinsi Riau secara geografis merupakan wilayah kepulauan. Dengan kondisi geografis tersebut, maka dibutuhkan jasa transportasi yang efektif dan efisien. Jasa transportasi tersebut adalah kempang.

Kempang adalah perahu yang dibuat dari batang kayu dengan menggunakan mesin. Saat ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti telah memberikan bantuan transportasi ini ke beberapa desa.

Keberadaan kempang saat ini dirasakan sangat besar manfaatnya bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, khususnya yang berdomisili di Kecamatan Rangsang Barat, Rangsang Pesisir dan Pulau Merbau.

Karena dapat membantu berbagai aktivitas sehari-hari masyarakat, seperti melaksanakan tugas kantor di Selatpanjang (ibu kota Kabupaten Meranti), aktivitas berdagang sampai pada urusan lainnya yang harus diselesaikan di Selatpanjang.

Selain dapat membawa penumpang, kempang juga mampu membawa kendaraan roda dua. Hal inilah yang menyebabkan transportasi ini menjadi andalan, terutama bagi masyarakat di luar Kota Selatpanjang.

Selain efektif, harga tiket kempang ini pun juga relatif terjangkau. Untuk keberangkatan dari Pelabuhan Peranggas, Lemang dan Sialang Pasung (Kec. Rangsang Barat) tujuan Selatpanjang hanya dikenakan tarif Rp 15.000 per sepeda motor. Sedangkan untuk pulang-pergi (PP) hanya dikenakan tarif Rp. 25.000 dengan masa berlaku tiket selama tiga hari.

Di saat Hari Raya Idul Fitri, kempang menjadi jasa transportasi yang sangat dibutuhkan oleh warga. Tak jarang pada momen lebaran ini, para pemilik transportasi ini bisa mendapatkan omset penghasilan rata-rata Rp 1 juta hingga Rp 2 juta perharinya.

About M

Wiraswasta