Ingin Bangun Pagi Lebih Segar?
Home » Kesehatan » Ingin Bangun Pagi Lebih Segar?

Ingin Bangun Pagi Lebih Segar?


Seringkali kita kesulitan bangun pagi dengan bugar. Meski sudah tidur lebih awal, nyatanya banyak diantara kita yang masih ingin tidur kembali.

Padahal tidur yang cukup serta nyenyak sangat penting bagi kesehatan. Istirahat yang ber‎kualitas kadang sulit didapatkan karena berbagai gangguan.

Akibat berbagai gangguan tersebut, seringkali waktu tidur menjadi berkurang. Bahkan tak jarang badan pun terasa lemas pada saat bangun pagi.

Jadi untuk mendapatkan tidur yang berkualitas tersebut, silakan simak trik sederhana agar bangun pagi Encik dan Puan lebih segar:

Minum Air Putih

Minum segelas air putih saat baru bangun tidur sangat baik manfaatnya bagi kesehatan Encik dan Puan. Karena rasa segar yang menjalar dari kerongkongan pada saat perut masih kosong akan membuat Encik dan Puan lebih mudah terjaga.

Bahkan sebaiknya sebelum tidur, siapkan segelas air di samping tempat tidur Encik dan Puan. Hal ini agar saat bangun pagi dapat langsung meminumnya tanpa ada alasan enggan karena harus berjalan dulu ke ruang makan untuk mengambilnya.

Berolah Raga Ringan

Berolah raga ringan pada pagi hari sebelum beraktivitas membuat tubuh Encik dan Puan menjadi lebih segar untuk menjalani hari.

Selain itu juga biasakan berolah raga pada sore hingga malam hari. Encik dan Puan dapat berlari kecil, sekadar melakukan peregangan, sit up maupun push up akan sangat cepat membuat Anda kembali terjaga.

Minum Kopi

Bagi sebagian orang mengira jika kopi harus diminum setelah bangun pagi. Memang hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun berbagai penelitian ilmiah membuktikan bahwa tubuh kita menjadi terlalu terbiasa dengan kafein yang terkandung dalam kopi jika terlalu sering meminumnya.

Hal tersebut mengakibatkan tubuh kita juga jadi tidak lagi peka akan reaksinya. Karena kopi yang diminum setiap harinya akan semakin kehilangan khasiatnya untuk ‘membangunkan’ tubuh Encik dan Puan. Sehingga sebaiknya, minum kopi hanya jika Encik dan Puan merasa sangat membutuhkannya.

Membuka Gorden

Dengan membuka gorden pada saat tidur bermanfaat untuk tubuh yang lebih sehat. Karena selain mencegah Encik dan Puan terlambat karena dibangunkan oleh sinar matahari, vitamin D pada sinar matahari juga membuat tubuh akan lebih segar serta berenergi dalam menjalani hari.

Bermeditasi

Bermeditasi yang dimaksud adalah dengan menarik nafas dalam-dalam dari perut dan berkonsentrasilah untuk bangun. Kemudian dilanjutkan dengan membayangkan hal-hal yang menyenangkan. Meditasi sendiri dapat membuat istirahat lebih berkualitas serta membuat Encik dan Puan semangat sepanjang hari.

Jauhkan Gadget

Gadget merupakan gaya hidup masa kini, tak jarang kita juga membawanya di tempat tidur. Agar Encik dan Puan bisa cepat tidur, coba ‎jauhkan gadget Anda.

Cahaya dari gadget, seperti smartphone, tablet pc, laptop, televisi, dan alat elektronik lainnya akan membuat otak berpikir bahwa hari masih pagi.

Sehingga Encik dan Puan akan semakin sulit istirahat, waktu tidur pun menjadi kurang bahkan tubuh menjadi terasa lemas saat bangun di pagi hari.

Demikian beberapa tips dan trik agar Encik dan Puan dapat bangun pagi dengan bugar dan lebih segar, semoga bermanfaat.

About Monalisa Dewa Ayu

Announcer & MC ||mdewaayu@gmail.com