Hari Bumi (Earth Day) 2015
Breaking News
Home » Berita » Hari Bumi (Earth Day) 2015

Hari Bumi (Earth Day) 2015


celebrate-earth-day

Pada tanggal 22 April ini, para pemerhati lingkungan sedunia akan kembali memperingati Hari Bumi sedunia. Earth Day atau Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun.

Awalnya, Hari Bumi dimulai pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan bertepatan tanggal 22 April 1970.

Sebanyak 20 juta warga Amerika Serikat dan mahasiswa  turun ke jalan memenuhi sejumlah taman dan auditorium untuk mengampanyekan kesehatan dan keberlangsungan lingkungan.

Hari Bumi ini dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson, yang juga merupakan seorang pengajar lingkungan hidup. Sementara itu, PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret yang dicanangkan oleh aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969. Dimana pada hari tersebut matahari berada tepat di atas khatulistiwa, atau yang biasa disebut Ekuinoks Maret.

Sekarang ini hari bumi telah diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network).

Terlepas dari penting atau tidaknya Hari Bumi, yang terpenting adalah kontribusi kita dalam menyelamatkan bumi yang kita tinggali ini. Sebaiknya hal tersebut tidak hanya kita lakukan pada saat peringatan Hari Bumi saja, melainkan juga setiap saat.

About Admin