Gerhana Matahari Total 2016

7

gerhana-matahari-total

Di tahun 2016 ini, tepatnya pada tanggal 9 Maret mendatang, fenomena alam Gerhana Matahari Total akan menyambangi Indonesia.

Uniknya lagi peristiwa langka ini hanya terjadi di wilayah Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin.

Thomas mengatakan Gerhana Matahari Total terjadi saat piringan bulan menutupi seluruh piringan matahari, sehingga matahari terlihat gelap total akibat pancaran cahaya ke bumi terhalang oleh bulan.

gerhana_matahari

Yang membuat istimewa Gerhana Matahari Total ini adalah atmosfer matahari (korona) yang indah itu dapat dilihat dengan mata langsung.

Untuk diketahui bahwa selama terjadinya gerhana, korona tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Akan tetapi harus menggunakan kacamata pelindung ultraviolet.

Dijelaskan oleh Thomas bahwa Gerhana Matahari Total tersebut merupakan radiasi matahari yang tertutup oleh bulan, sehingga tidak berbahaya sama sekali.

Melihat-Gerhana-Matahari-Total

Gerhana Matahari Total ini hanya dapat diamati dari daerah yang dilintasi bayangan umbra bulan, sedangkan jalur gerhana tersebut akan melintasi 10 provinsi di Indonesia.

Sayangnya fenomena langka ini tidak menghampiri Riau, karena ke-10 provinsi tersebut adalah Bengkulu, Sumsel, Babel, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Sulbar, Sulteng dan Maluku Utara.

Ditambahkan oleh Thomas bahwa nanti saat terjadinya fenomena alam yang langka ini, suasana di daerah yang dilintasi akan seperti malam purnama.

Di bagian timur Indonesia, gerhana ini akan berlangsung sekitar tiga menit sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Sedangkan untuk di bagian barat akan berlangsung sekitar dua menit, pada pukul 07.30 WIB.

Sebelumnya Indonesia juga pernah mengalami fenomena ini di tahun 1983, tepatnya pada tanggal 11 Juni 1983 silam.