#beritaPKU Bandara Pekanbaru Tambah 20 Penerbangan Baru
Home » Berita » Berita Pekanbaru » #beritaPKU Bandara Pekanbaru Tambah 20 Penerbangan Baru

#beritaPKU Bandara Pekanbaru Tambah 20 Penerbangan Baru


Hingga April 2013 tercatat terjadi penambahan 20 penerbangan komersil yang beroperasi di Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, baik rute domestik maupun internasional.

“Sekarang ini atau hingga akhir April 2013, jumlah penerbangan reguler di SSK tercatat 80 kali per hari. Di mana sebelumnya akhir tahun 2012 hanya 60 penerbangan untuk ‘take off’ dan ‘landing’,” ujar Airport Duty Manager Bandara Internasional SSK II Ibnu Hasan, di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, terjadi perkembangannya yang cukup signifikan di Kota Pekanbaru bagi industri penerbangan karena terus tumbuh dengan pembukaan rute baru yang dilakukan oleh maskapai.

Tercatat tiga maskapai baru atau baru beroperasi seperti Tiger Airways atau yang juga dikenal dengan nama Mandala Airlines, kemudian Indonesia Air Transport dan anak perusahaan plat merah Garuda Indonesia yakni Citilink.

Di Februari, Tiger Airways membuka empat rute penerbangan yakni Jakarta-Pekanbaru, Pekanbaru-Medan, Pekanbaru-Singapura dan terakhir Pekanbaru-Jogjakarta pulang pergi setiap hari.

Indonesia Air Transport membuka rute Bandung-Pekanbaru pulang pergi setiap hari di bulan yang sama dan di bulan Maret ada nama Citilink yang membuka rute Batam-Pekanbaru pulang pergi setiap hari.

“Belum lagi maskapai AirAsia Indonesia yang mengintensifkan rute Pekanbaru-Medan dan Bandung-Pekanbaru jadi setiap hari, dari sebelumnya hanya tiga atau empat kali dalam sepekan. Juga Sky Aviation yang membuka rute baru Pekanbaru-Silangit dua kali dalam sepekan,” ucapnya.

Kondisi tersebut bepengaruh bagi penumpang pesawat di Bandara Internasional SSK II. Dari delapan ribu orang per hari, meningkat mencapai 10 ribu orang penumpang per hari.

“Saat ini cukup bagus tingkat isian penumpang (load factor) dari rute yang di buka seperti Pekanbaru-Jogjakarta dan Bandung-Pekanbaru. Kondisi itu berarti perkembangan Pekanbaru berpengaruh positif bagi perekonomian,” katanya.

Saat ini Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru telah melayani delapan rute domestik yakni Pekanbaru-Jakarta, Pekanbaru-Medan, Pekanbaru-Batam, Pekanbaru-Pangkalpinang, Pekanbaru-Bandung, Pekanbaru-Yogyakarta, Pekanbaru-Silangit dan Pekanbaru-Padang.

Sedangkan untuk rute internasional yakni Pekanbaru-Malaka, Pekanbaru-Kuala Lumpur, Pekanbaru-Johor, Pekanbaru-Singapura, yang  dilayani enam maskapai.

Sumber : Antara Riau

About Admin