Bandara SSK II dalam Rencana Pemindahan
Breaking News
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Bandara SSK II dalam Rencana Pemindahan

Bandara SSK II dalam Rencana Pemindahan


Saat sekarang ini, kebutuhan transportasi sangat diperlukan masyarakat. Salah satu transportasi cepat adalah pesawat. Di bumi Lancang Kuning ini terdapat pintu masuk via udara yang dibanggakan warga Pekanbaru, yaitu bandara internasional Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Pekanbaru.

Beberapa waktu yang lalu, wacana Pemprov Riau pada tahun 2006 silam, dimana Bandara SSK II Pekanbaru akan dipindahkan ke tempat yang lebih representatif kembali muncul. Hal tersebut disampaikan oleh H Arsyadjuliandi Rachman, selaku Plt Gubri.

Adapun salah satu alasan pemindahan Bandara SSK II adalah peningkatan status Lapangan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru menjadi Tipe A.

Selain itu, lokasi bandara saat ini berada ditengah kota. Sehingga menimbulkan kebisingan, serta mengganggu keselamatan penerbangan karena pesatnya pembangunan gedung dan pemukiman warga. Demikian jelas Bakuini, Airport Duty Bandara SSK II Pekanbaru.

Jika Pemprov Riau menginginkan agar bandara SSK II dapat menjadi embarkasi haji maka landasan pacu bandara harus dapat didarati oleh sebuah pesawat berkapasitas besar seperti Air bus 300. Terang Eddy Sukiatnadi selaku Kepala Bidang Perhubungan Udara Dinas Perhubungan (Dishub) Riau.

Run way yang dibutuhkan agar pesawat jenis tersebut untuk dapat mendarat mulus adalah sepanjang 3.000 meter, sedangkan run way SSK II saat ini hanya mencapai 2.245 meter. Saat ini tengah dalam pengerjaan pemanjangan run way mencapai 2.600 meter.

Untuk lokasi baru yang kemungkinan berada di daerah Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan). Proses pemindahan bandara ini akan dilakukan secara bertahap, mulai dari penetapan lokasi, pembebasan lahan, sampai ke tahap pembangunan.

(dari berbagai sumber)

About Admin