5 Tips Praktis Untuk Kulit Sehat dan Bercahaya

5
kesehatan kulit
kesehatan kulit

kesehatan kulit

Kulit sehat dan bercahaya sudah pasti idaman semua orang.Perawatan kuklit yang baik, dan pilihan cara hidup sehat bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit kulit. Hanya saja, kesibukan sering menghambat kita untuk merawat kesehatan kulit.

Nah, berikut 5 cara paling sederhana untuk merawat kulit agar sehat dan bercahaya:
1. Lindungi kulit anda dari paparan sinar matahari langsung.

Melindungi dari paparan sinar matahari langsung adalah salah satu cara paling penting dalam merawat kulit.

Paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang cukup lama, bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit, salah satunya adalah kanker kulit.

Terdengar sulit, untuk kita yang tinggal di wilayah tropis? belum tentu!

caranya sangat gampang:

 

– Gunakan tabir surya

– Kurangi berkegiatan di tempat yang terkena paparan matahari langsung pada kisaran pukul 10 pagi sampai 2 siang

– Gunakan pakaian yang melindungi tubuh, seperti: baju lengan panjang, celana panjang, dan topi.

 

2. Jangan Merokok

Merokok menyebabkan kulit anda menjadi tua dan keriput.Hal ini terjadi karena merokok mempersempit pembuluh darah pada lapisan kulit terluar dan menyebabkan terhambatnya aliran oksigen dan nutrisi ke lapisan kulit tersebut.

Merokok juga merusak kolagen dan elastin. Kedua lapisan ini sangat bermanfaat untuk kekuatan dan elastisitas kulit.

Jika anda seorang perokok, maka satu-satunya cara untuk merawat kesehatan kulit anda adalah dengan berhenti merokok.

 

3. Perlakukan kulit anda dengan halus

membersihkan dan mencukur secara rutin merupakan salah satu cara merawat kulit anda, namun dalam melakukannya, harus memperhatikan  cara yang tepat:

– Batasi Waktu Mandi. Mandi berlama-lama bisa mengurangi kelembapan kulit karena lapisan pelembab kulit terkikis. selain itu, mandi menggunakan air hangat terlalu sering juga berbahaya untuk epidermis kulit. maka dari itu sebaiknya gunakan air biasa untuk mandi.

– Jangan menggunakan sabun yang terlalu kuat atau mengandung terlalu banyak deterjen, karena bisa mengikis lapisan minyak kulit. sebaiknya gunakan pembersih yang ringan

– Mencukurlah dengan baik dan benar. cara baik dan benar saat mencukur adalah, gunakan pisau cukur yang tajam serta mencukurlah searah dengan arah tumbuh rambut, jangan berlawanan arah. setelah itu, gunakan lotion atau pelembab agar kelembapan kulit tetap terjaga

– Mengeringkan badan. Keringkan badan dengan menepuk-nepuk ringan badan dengan menggunakan handuk bersih yang benar-benar kering.

– Gunakan pelembab. Jika kulit anda termasuk kulit kering, gunakan pelembab yang sesuai dengan tipe kulit anda.

 

4.Makan Makanan Bergizi

makanan bergizi membuat kulit lebih sehat dan bercahaya, karena kandungan nutrisi yang banyak. Oleh sebab itu, sebaiknya tingkatkan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dibandingkan dengan makanan cepat saji.

 

5. Atur Suasana hati

Suasana hati atau stress sangat berpengaruh pada tampilan kulit. oleh sebab itu, anda harus mencegah stress dengan melakukan aktifitas setiap hari dengan baik, dan jangan lupa untuk melakukan kegiatan yang anda sukai seperti hobi, atau rekreasi dengan orang orang terdekat.