5 Pompa Air Difungsikan Untuk Cegah Banjir
Home » Berita » Berita Pekanbaru » 5 Pompa Air Difungsikan Untuk Cegah Banjir
Sungai Siak

5 Pompa Air Difungsikan Untuk Cegah Banjir


Sungai Siak
Sungai Siak

Untuk mencegah terjadinya banjir pada saat musim penghujaan ini, Pemerintah Kota Pekanbaru pun memfungsikan lima pompa air yang berada di Kecamatan Senapelan.

Seperti yang diungkapkan oleh Camat Senapelan, Lili Suryano, Rabu (10/2), bahwa lima pompa air yang berada di wilayahnya ini berada dalam kondisi yang bagus serta aktif bekerja.

Ia juga menyebutkan bahwa kelima pompa air tersebut juga baru saja diperbaiki oleh Dinas PU Provinsi Riau pada akhir tahun 2015 yang lalu.

Adapun tujuan perbaikan tersebut adalah untuk mengantisipasi genangan air pada saat musim penghujan. Dituturkan oleh Lili bahwa dengan kondisi pompa air yang baik tersebut mengakibatkan rumah warga Senapelan aman dari banjir, meski hujan mengguyur selama dua hari beruntun.

Kawasan rawan banjir di wilayah Kecamatan Senapelan sendiri cukup luas, karena memang rata-rata berbatasan langsung dengan Sungai Siak.

Wilayah rawan banjir di Kecamatan Senapelan berada di Jalan Meranti, Kelurahan Kampung Baru, Kelurahan Kampung Bandar, Jalan Perdagangan, Kelurahan Kampung Baru RW V, Kelurahan Kampung Bandar RW 1.

Pemasangan pompa air ini dapat menjadi solusi untuk menghindari air menggenangi rumah warga di mana kesemua pompa ini aliran buangannya menuju ke Sungai Siak.

Pemasangan pompa ini juga disesuaikan dengan wilayah genangan, serta kapasitas mesin pompanya sendiri pun juga bervariasi. Di mana dari lima pompa tersebut, dua pompa berukuran besar dan tiga lainnya berukuran kecil.

Dua pompa berukuran kecil ditempatkan di Kelurahan Kampung Baru. Di Kelurahan Kampung Bandar satu yang kecil dan satu yang besar. Sementara itu di Kampung Dalam terdapat satu pompa ukuran besar.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila