OSN 2023, MAN 2 Pekanbaru Raih Top 3

0
326
OSN 2023

Prestasi menggembirakan kembali diperoleh oleh para siswa-siswi asal Kota Pekanbaru. Kali ini di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023 jenjang SMA/MA, dimana Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pekanbaru meraih peringkat ketiga.

MAN 2 Pekanbaru tersebut berhasil meraih top 3 madrasah di ajang OSN 2023 mengalahkan beberapa madrasah lainnya di Indonesia.

Mengenal OSN

Kegiatan OSN Nasional tersebut diselenggarakan pada tanggal 27 Agustus sampai 2 September 2023 yang lalu di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Sebagai informasi, OSN adalah kompetisi sains yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Setidaknya dalam setahun sekali, ajang sains ini secara rutin digelar.

Acara ini sendiri memiliki tujuan mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi. Selain itu juga jadi bagian penting dalam upaya pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh Indonesia.

Daftar Nama Peraih Medali

Dari kompetisi OSN 2023 itu, MAN 2 Pekanbaru sukses mengumpulkan 6 medali. Dengan rincian, 1 medali perak dan 5 medali perunggu. Adapun nama-nama siswa MAN 2 Pekanbaru yang sukses meraih medali tersebut yakni:

  • Muhammad A’Fif AlAmin, meraih medali Perak – Kimia
  • Khairul Umam, meraih medali Perunggu – Matematika
  • Khalfin Pratama, meraih medali Perunggu – Astronomi
  • Kayla Nafsisa Sastra, meraih medali Perunggu – Biologi
  • Fauzan Suhail Lubis, meraih medali Perunggu – Kebumian
  • Salsa Nabila Zahira, meraih medali Perunggu – Biologi

Kepala MAN 2 Pekanbaru Ghafardi menjelaskan, jika prestasi yang diraih oleh siswa MAN 2 Pekanbaru itu merupakan prestasi yang membanggakan.

Tidak lupa pula ia menyampaikan terima kasih, kepada para pembimbing dan semua pihak yang bekerja keras membimbing siswa-siswi MAN 2 Pekanbaru untuk tampil maksimal di ajang OSN.

“Alhamdulillah atas prestasi ini. Semoga ke depannya prestasi siswa-siswi kita bisa lebih baik lagi,” ucapnya, Rabu (13/9/2023).

Keberhasilan siswa-siswi MAN 2 Pekanbaru ini turut mendapatkan apresiasi dari Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin. Menurutnya, hal ini menunjukkan komitmen dan kerja keras antara guru, siswa, dan orang tua.

“Terutama dalam mengembangkan potensi yang ada,” ujar Mahyudin.

Pihaknya berharap, dengan semakin banyaknya prestasi-prestasi yang diraih oleh siswa siswi madrasah di Riau, menjadi memotivasi bagi madrasah lainnya. Terutama dalam mengembangkan potensi diri para siswanya agar dapat memberikan kontribusi yang positif bagi madrasah itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.