Perumda Tirta Siak Gratiskan Relokasi Pelanggan

0
972
Perumda Tirta Siak

PT. PP Tirta Madani yang saat ini tengah melakukan pemasangan pipa baru Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Siak sudah mencapai tahap III.

Pemasangan Pipa Masih Berlanjut

Adapun pembangunan Jalur Distribusi Utama (JDU) yang sudah selesai pada Tahap I dilanjutkan dengan pemasangan pipa Jalur Distribusi Bagi (JDB) tahap III pekerjaan konstruksi.

Jaringan Distribusi Langganan yang pembangunannya dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Pekanbaru juga dilakukan hingga Tahap II konstruksi.

Sementara itu Perumda Air Minum Tirta Siak sudah siap secara bertahap untuk melakukan relokasi atau pemindahan suplai air dari pipa lama ke pipa baru yang dilakukan secara gratis.

Suplai Air Lebih Maksimal

Kartika, salah satu pelanggan Tirta Siak yang suplai airnya telah direlokasi pada perumahan Pondok Mutiara, Payung Sekaki, menyebutkan bahwa setelah direlokasi suplai air menjadi lebih maksimal.

Ia menuturkan, suplai airnya menjadi lancar dan bersih setelah ganti pipa baru. Meski airnya disebut-sebut dapat digunakan untuk memasak, ia sendiri masih belum berani mencobanya. Oleh karenanya Kartika mendatangi ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tampan untuk melihat produksinya.

“Ternyata betul ya aman untuk konsumsi, jadinya tergantung lagi bagaimana kita percaya,” ungkapnya saat berkunjung ke IPA Tampan, Kamis (6/6/2024).

Air Siap Konsumsi

Peningkatan pelayanan oleh Perumda Air Minum Tirta Siak bertahap dilakukan, untuk memastikan bahwa air yang mengalir ke pelanggan dalam kondisi yang baik dan siap untuk dikonsumsi.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Siak Agung Anugrah menyebut, pihaknya memastikan air yang sampai kepada pelanggan adalah air yang siap untuk dikonsumsi oleh pelanggan. Karena air perpipaan ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas air di masyarakat, yang baik untuk kulit, bahkan merupakan salah satu cara mencegah stunting.

“Air yang dikonsumsi ini sudah sesuai dengan Permenkes kan”, ungkap Agung, Rabu (19/6/2024).

Relokasi Butuh Waktu

Di lain pihak, Direktur PT PP Tirta Madani Reza Afnan selaku Badan Usaha Pelaksana (BUP) pekerjaan relokasi pelanggan Tirta Siak menyebutkan relokasi memiliki tenggat waktu dalam hal pekerjaan.

Ia menegaskan bahwa pihaknya tidak bekerja sendirian, dimana ada subcontractor yang juga membantu dalam hal ini. Selain itu pekerjaan ini juga diberikan tenggat waktu, selama Tirta Siak mengirim data pelanggan yang sudah lunas bayar dan statusnya aktif pihaknya akan relokasi.

“Kalau pipa JDL belum kita bangun, seperti yang kita lakukan di DMA 143 area Jalan Setia Budi dan sekitarnya itu. Belum ada JDL koordinasi dengan Tirta Siak, JDL-nya kita lakukan juga,” ungkap Reza, Kamis (20/6/2024).

Demi mewujudkan air minum yang sesuai dengan Permenkes bagi warga Pekanbaru berbagai kendala yang dirasa akan menghambat akan dilakukan koordinasi kepada stakeholders.

Dalam hal ini, baik Agung dan Reza menyebutkan bahwa kerja sama dan komunikasi yang terus dilakukan kepada Dinas PUPR Kota Pekanbaru dilakukan dengan sangat baik dan efektif.

Beri Diskon

Sebagai informasi, dalam rangka hari jadi Kota Pekanbaru Tirta Siak memberikan diskon sebesar Rp240.000 serta tambahan diskon Rp100.000 hingga 30 Juni 2024.

Melalui kesempatan ini, Direktur Perumda Air Minum Tirta Siak Agung Anugrah berharap warga Kota Pekanbaru dapat memanfatkan kesempatan untuk menjadi pelanggan Perumda Air Minum Tirta Siak.