Kuliner Pekanbaru yang Khas, Ini Rekomendasinya

0
617
Kuliner Pekanbaru yang Khas

Di Kota Pekanbaru sendiri ada beberapa kuliner yang khas, Encik dan Puan tertarik ingin mencobanya? Yuk cobain rekomendasi kuliner Pekanbaru yang khas ini.

Adapun beberapa rekomendasi kuliner Pekanbaru yang khas dan unik tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

Gulai Ikan Baung

Gulai Ikan Baung

Dikenal sebagai salah satu hidangan yang sangat populer di Riau dan Kota Pekanbaru khususnya. Kuliner ini terbuat dari Ikan Baung segar yang berasal dari sungai Riau. Untuk dapat menikmati hidangan ini, Encik dan Puan bisa berkunjung ke rumah makan khas Melayu Riau.

Bolu Kemojo

Bolu Kemojo

Setelah gulai baung, rekomendasi kuliner Pekanbaru selanjutnya adalah Bolu Kemojo. Kue yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang khas, serta rasa yang manis dan gurih.

Bolu Kemojo terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, gula, santan, dan beberapa bumbu serta rempah-rempah khas, dengan proses pembuatannya dengan cara dipanggang.

Bolu kemojo banyak ditemukan di toko oleh-oleh Pekanbaru, salah satu toko pelopor Bolu Kemojo di Pekanbaru adalah gerai oleh-oleh Al-Mahdi.

Gerai Al-Mahdi ini terletak di Jalan Paus No.67e, Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. Buka dari pukul 07.30-22.00 WIB.

Sop Tunjang

Sop Tunjang Pertama

Menjadi kuliner khas dari Kota Pekanbaru, terbuat dari tulang kaki sapi yang direbus dengan berbagai rempah-rempah. Sop Tunjang di Pekanbaru memiliki cita rasa yang khas, dengan berbagai variasi bumbu yang bisa membuatnya menjadi lebih lezat.

Banyak warung makan di Pekanbaru yang menyajikan sop tunjang dengan cita rasa yang autentik dan menggugah selera. Salah satu sop tunjang terkenal di Pekanbaru adalah Sop Tunjang Pertama, Buka sejak 1992 lalu.

Lokasinya terletak di Jalan Jenderal Sudirman Gg. Pinang I No.36, Wonorejo, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. Informasi di bio akun Instagram @soptunjangpertamam1, kedai ini buka dari jam 08.00 hingga 22.00 WIB.
Mie Keling

Mie Keling

Terbuat dari mie kuning yang dimasak dengan kuah kental berbahan dasar santan, dan sering kali disajikan dengan tambahan daging sapi, ayam, atau seafood. Memiliki cita rasa yang gurih dan kaya rempah karena bumbu-bumbu tradisional yang digunakan dalam proses memasaknya.

Biasanya, mie keling disajikan dengan irisan telur rebus, emping, irisan daun bawang, dan bawang goreng sebagai hiasan.

Beberapa tempat di Pekanbaru yang terkenal dengan mie keling mereka sering kali menambahkan tambahan unik, seperti potongan tahu goreng atau kerupuk udang sebagai pelengkap.

Ikan Selais

Ikan Selais

Merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang menjadi bagian dari hidangan khas di Riau, termasuk Pekanbaru. Ikan ini memiliki ciri khas bentuknya yang pipih dan lebar, serta dikenal akan dagingnya yang lezat, bisa diolah menjadi Ikan Selais goreng atau gulai.

Tidak hanya itu, ikan Selais juga bisa disajikan menjadi ikan salai Selais atau Selais asap, baru kemudian dimasak menjadi ikan Selais goreng atau gulai.

Sama hal dengan olahan Ikan Baung, Ikan Selais juga banyak ditemukan di rumah makan khas Melayu yang ada di Kota Pekanbaru.

Asam Pedas Ikan Patin

Asam Pedas Ikan Patin

Asam Pedas Ikan Patin adalah salah satu hidangan khas yang populer di Pekanbaru. Hidangan ini menggabungkan cita rasa pedas, asam, dan segar dari bahan-bahan alami seperti Ikan Patin, cabai, asam, dan berbagai rempah-rempah.

Penasaran mencicipi rasa asam pedas Ikan Patin? Kamu bisa berkunjung ke rumah makan khas Melayu yang terkenal di Pekanbaru.