Kebun Binatang Kasang Kulim, Wisata Rekreasi dan Edukasi

0
3696
Kebun Binatang Kasang Kulim

Kebun Binatang Kasang Kulim adalah satu-satunya kebun binatang yang ada di Provinsi Riau. Lokasinya sendiri sangat dekat dengan Kota Pekanbaru, hanya 16 kilometer dari pusat Kota Pekanbaru atau sekitar 45 menit dengan kendaraan bermotor.

Kebun binatang ini terletak di Jalan H Usman Nomor 1, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

Wisata Edukasi

Sebagai tempat wisata, kebun binatang Kasang Kulim tentu saja dapat dijadikan sebagai tempat wisata rekreasi dan edukasi bagi anak-anak hingga keluarga.

Ada berbagai macam aktivitas yang bisa kita lakukan di sini, di antaranya seperti berkenalan dengan aneka satwa, bermain dan berkeliling, piknik, hingga berfoto.

Namanya aja kebun binatang, tentunya kita dapat melihat beraneka ragam satwa. Mulai dari gajah, reptil, burung, orang utan, dan masih banyak lagi.

Bahkan anak-anak juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut. Tentunya akan didampingi oleh penjaga kebun binatang.

Areanya sendiri cukup luas, sehingga seringkali menjadi tempat wisata rombongan dan sarana edukasi bagi anak-anak sekolah.

Aneka Fasilitas

Pengunjung bisa menyisiri area kebun binatang seluas kurang lebih 14 hektare dengan bebas, tentu saja sambil tetap mematuhi peraturan yang berlaku.

Di sini juga terdapat areal untuk menunggangi gajah yang siap pandu oleh petugas profesional.

Selain itu, kebun binatang Kasang Kulim juga memiliki area permainan bagi anak-anak yang menyediakan berbagai fasilitas permainan anak seperti ayunan, papan seluncuran dan kolam renang.

Selain menyenangkan untuk anak-anak, orang dewasa juga bisa piknik dan melihat panggung khusus hiburan.

Tiket Masuk

Jika Encik dan Puan hendak berkunjung ke sini, cukup membayar harga tiket masuknya sebesar Rp30.000 untuk orang dewasa serta Rp20.000 untuk anak-anak.

Sedangkan untuk tarif parkir sepeda motor sendiri sebesar Rp5.000 dan mobil dikenai biaya parkir sebesar Rp10.000.

Nah bagi Encik dan Puan yang ingin bermain sejumlah wahana permainan di sini akan dikenakan biaya tambahan. Berikut ini biayanya:

  • Menunggangi kuda: Rp25.000
  • Naik gajah: Rp25.000
  • Berenang: Rp20.000
  • Mengendarai sepeda listrik: Rp50.000
  • Memanah: Rp15.000
  • Flying fox: Rp25.000
  • Naik bus Tayo: Rp10.000
  • Naik bendi: Rp20.000
Jam Buka

Kebun binatang ini buka mulai pukul 08.00-17.30 WIB, pengunjung yang akan berwisata dapat menyesuaikan dengan jam buka tersebut.

Apakah Encik dan Puan pernah berkunjung ke kebun binatang Kasang Kulim? Kalau sudah pernah, kira-kira kapan akan berkunjung lagi kemari?