Jalan Riau Kota Pekanbaru Akan Diterapkan Satu Arah

0
163
Jalan Riau Kota Pekanbaru

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berencana akan menerapkan satu arah di Jalan Riau. Hal ini diakibatkan karena sering terjadinya kemacetan akibat padatnya kendaraan di kawasan tersebut.

Penerapan kebijakan satu arah di Jalan Riau tersebut diharapkan dapat mengurai kemacetan yang ada di wilayah tersebut.

Sudah Ada Rumus Kebijakan Satu Arah

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Yuliarso, menjelaskan jika rekayasa lalu lintas satu arah di Jalan Riau tersebut sudah ada rumusnya.

Oleh karena itu menurutnya, jika kemacetan di area tersebut dapat teratasi maka akan membuat pengendara yang melintasi Jalan Riau akan semakin nyaman.

Tujuannya agar masyarakat tidak bingung terkait rekayasa lalu lintas tersebut. Adapun pihaknya akan memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat.

“Akan dilakukan secara bertahap,” ujarnya, Minggu (24/9/2023).

Akan Diterapkan 24 Jam

Kemudian lebih lanjut, Yuliarso menjelaskan jika jalur satu arah Jalan Riau tersebut akan diberlakukan selama 24 jam dan dilakukan secara bertahap. Untuk rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut sendiri akan dimulai dari pukul 08.00-20.00 WIB.

Lokasi Penerapan Satu Arah

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru itu menerangkan jika saat ini untuk kajian teknis pelaksanaan satu arah di Jalan Riau Pekanbaru sudah dilakukan kajian teknisnya.

Menurutnya, pengalihan arus lalu lintas di Jalan Riau Pekanbaru tidak hanya karena kemacetannya saja, akan tetapi juga dapat mengurangi polusi udara.

Yualarso melanjutkan, lokasi penerapan satu arah di Jalan Riau tersebut antara lain:

  • Mulai dari pertigaan Jalan Soekarno-Hatta – Jalan Riau
  • Selanjutnya menuju pertigaan Jalan D.I. Pandjaitan – Jalan Riau

Alasan memilih ruas Jalan tersebut sebagai lokasi penerapan satu arah karena memang terdapat sejumlah titik kemacetan parah di sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.