Status Siaga Karhutla Pekanbaru Sampai Oktober 2023

0
143
Status Siaga Karhutla Pekanbaru

Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kota Pekanbaru menerapkan status Siaga Karhutla sampai 31 Oktober 2023 mendatang.

Adapun penerapan status siaga Karhutla karena memang saat ini cuaca yang panas di Pekanbaru, sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan terjadinya Karhutla yang semakin meluas.

Dengan adanya status siaga Karhutla tersebut diharapakan pihak terkait dan seluruh masyarakat Pekanbaru dapat waspada, serta dapat mengoptimalkan penanganan Karhutla di Pekanbaru tersebut.

“Pekanbaru sudah menerapkan status Siaga Karhutla sampai Oktober 2023,” ujarnya, Rabu (2/8/2023).

Pekanbaru Hadapi Suhu Tidak Biasa

Kepala BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra menerangkan, memang saat ini suhu di Kota Pekanbaru tidak seperti biasanya. Bahkan saat ini di Kota Pekanbaru rata-rata suhunya telah mencapai sekitar 38 derajat celcius.

Suhu yang panas dengan rata-rata 38 derajat celcius tersebut tentu menjadi salah satu pemicu terjadinya Karhutla di Pekanbaru. Karenanya, Zarman mengimbau masyarakat Pekanbaru untuk waspada Karhutla, terutama daerah dengan lahan gambut.

“Mari jaga lahan dari Karhutla,” ujarnya.

Laporkan Jika Ada Yang Buka Lahan Dengan Dibakar

Bagi masyarakat Pekanbaru yang ingin membuka lahan, maka diimbau untuk tidak membuka lahan secara dibakar. Jika masyarakat Pekanbaru melihat apanya kebakaran khususnya Karhutla, bisa langsung menghubungi Call Center BPBD Kota Pekanbaru, melalui kontak 08117651464.

“Bagi masyarakat yang memiliki lahan kosong tolong awasi dan pantau (agar tidak terjadi Karhutla),” ucapnya.

Luas Kebakaran di Pekanbaru

Luas lahan yang terbakar di Pekanbaru hingga akhir Juli 2023 mencapai 31,25 hektare. Total lahan terbakar ini berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru.

Dimana puluhan hektare lahan terbakar ini banyak terjadi di lahan kosong. Dengan total kebakaran lahan ini terjadi di 51 lokasi kebakaran.

Berdasarkan data BPBD tersebut, kebakaran lahan terbanyak terjadi di Kecamatan Rumbai. Dengan luas lahan yang terbakar nyaris mencapai 11 hektare selama tujuh bulan terakhir ini.

Lalu di Kecamatan Binawidya, luas lahan yang terbakar mencapai 7,2 hektare. Zarman memastikan bahwa tim yang berada di lapangan terus berpatroli di wilayah rawan Karhutla di Pekanbaru.

“Lahan yang terbakar di sejumlah titik tersebut, mereka juga berjibaku memadamkannya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.