Bilik Melayu Soeman HS, Harta Karun Sastra Melayu

108

Pada tulisan sebelumnya kita membahas Perpustakaan Soeman HS secara keseluruhan, kali ini kita akan mengulas secara khusus sebuah ruangan di Perpustakaan Soeman Hs yang bernama Bilik Melayu.

Ruangan khusus ini terletak di lantai 3, di sebelah ruang bedah buku. Bilik berasal dari bahasa melayu yang berarti kamar. Bilik Melayu ini terbagi menjadi 2 ruangan, ruangan pertama memuat kliping koran.

Di sini juga terdapat koleksi-koleksi buku dan naskah kuno terkait dengan sejarah dan budaya melayu Riau seperti sastra-sastra melayu (pantun, sajak, tulisan-tulisan arab melayu), masakan melayu, obat-obatan, arsitek melayu dan masih banyak lagi.

DSC_1847

DSC_1863

Selain itu banyak buku-buku hibah dari pejabat atau orang penting. Bahkan buku hibahan mereka ini diletakkan di lemari khusus. Kemudian ada juga buku hibahan dari Kabupaten dan Dinas-dinas yang ada di Provinsi Riau.

Lalu di ruangan kedua terdapat kumpulan skripsi, thesis dari berbagai jurusan dan Universitas. Tak heran jika Bilik Melayu ini menjadi salah satu ruangan yang menjadi tempat favorit mahasiswa, karena banyak literatur yang dibutuhkan oleh mahasiswa.

Pengunjung Bilik Melayu juga be­rasal dari mancanegara, beberapa diantaranya merupakan peneliti asal Eropa dan Jepang. Bahkan pada September 2014 yang lalu Guruh Soekarnoputra juga bekunjung ke sini.

DSC_1865

Nah buat Encik dan Puan yang ingin mencari tahu tentang kebudayaan melayu, silakan kunjungi bilik melayu ini. Ruangannya yang nyaman dan tenang membuat Encik dan Puan betah berlama-lama di sini.