Wisata Alam di Pekanbaru, Ini Beberapa Rekomendasinya

683
Wisata Alam di Pekanbaru

Wisata alam di Pekanbaru juga bisa dijadikan referensi untuk berlibur, meskipun tidak terlalu mencolok dibandingkan wisata lainnya. Karena tidak seperti wisata alam kebanyakan daerah lain yang memiliki air terjun atau sebagainya, tapi Pekanbaru memiliki ciri khas wisata alamnya sendiri.

5 Rekomendasi Wisata Alam di Pekanbaru

Adapun rekomendasi wisata alam di Pekanbaru cocok untuk wisata keluarga tersebut diantaranya:

1. Kebun Binatang Kasang Kulim

Satu-satunya kebun binatang di Riau ini memiliki luas sekitar 10 hektare. Selain itu juga merupakan tempat wisata Pekanbaru yang banyak dikunjungi oleh keluarga pada saat di akhir pekan.

Kebun Binatang ini memiliki banyak jenis binatang yang dapat dikenalkan pada anak-anak seperti, monyet, landak, ular, burung, dan masih banyak lagi. Selain mengamati koleksi berbagai jenis binatang, tersedia arena untuk bermain anak-anak seperti ayunan, papan seluncur, kolam pancing, dan kolam renang anak.

Alamat: Kebun binatang kasang kulim, Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

2. Penangkaran Gajah Minas

Penangkaran gajah Minas atau Pusat Latihan Gajah Minas merupakan tempat yang strategis untuk dikembangkan menjadi objek wisata khususnya untuk wisata edukasi gajah. Karena Pusat Latihan Gajah Minas Mempunyai jarak tempuh yang cukup dekat dengan pusat Kota Pekanbaru yakni 60 Km.

Alamat: Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak.

3. Alam Mayang

Menjunjung konsep alam, Taman Alam Mayang adalah tujuan wisata Pekanbaru yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga di akhir pekan. Kegiatan yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai dari tempat memancing, outbond, area mandi bola, tempat bermain anak-anak, dan lain lain.

Alamat: Jalan Imam Munandar.

4. Danau Kayangan

Tidak hanya berfungsi sebagai saluran irigasi, Danau Bandar Kayangan juga populer sebagai salah satu destinasi wisata di Pekanbaru. Di tempat ini, pengunjung bisa mengelilingi danau dengan menggunakan sampan atau speedboat, dan para pengunjung juga dapat mendaki bukit di sekitar danau.

Alamat: Lembah Sari, Kecamatan Rumbai.

5. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim

Terakhir, objek wisata alam di Pekanbaru ini adalah Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasyim (SSH). Tahura SSH memiliki spesialisasi untuk melindungi flora yang beragam dan juga bertujuan untuk melestarikan fauna.

Semua flora dan fauna yang ada di Tahura SSH ini sangat bermacam-macam, mulai dari yang umum hingga berbagai spesies yang langka.

Alamat: Jalan Yos Sudarso, Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak.