Kiat Bebas Stres Parenting Bagi Orang Tua Selama Covid-19

48

Psikolog bidang pendidikan dan pengasuhan anak, Aisha Salsabila, M.Psi, Psikolog, menyebutkan beberapa kiat bebas stres parenting bagi orang tua selama Covid-19.

Kiat-kiat tersebut mungkin bisa meringankan sedikit beban Encik dan Puan para orang tua yang merasa pusing bahkan sampai stres mengasuh anak dengan situasi yang memaksa anak untuk tetap berada di rumah.

Diantara kiat-kiat bebas stres bagi orang tua dalam menjalani parenting selama Covid-19 yaitu:

Ubah mindset
mindset
Jangan menganggap kondisi pandemi ini sebagai beban tapi anggap sebagai tantangan atau ujian dari Tuhan yang Maha Kuasa untuk melihat seberapa sabar kita dalam menghadapinya.

Manajemen waktu
time management
Atur skala prioritas dan susunlah jadwal baik jadwal kita pribadi juga anggota keluarga agar bisa kondusif baik dalam bekerja, beribadah, juga bermain maupun belajar bersama.

Manajemen emosi
emotion management
Jadilah orangtua yang mindful, sadar penuh dalam mengasuh anak. Ketika sedang bersama anak, usahakan agar pikiran dan raga kita fokus bersama anak. Tidak memikirkan hal yang lain ataupun sibuk mengerjakan hal yang lain.

Agar bisa memahami kebutuhan anak serta bisa berpikir jernih dan bertindak dengan tepat jika anak melakukan hal yang tidak kita sukai.

Sadar akan kebutuhan diri
eating
Tahu kapan saatnya istirahat atau kapan saatnya makan. Jangan paksakan diri untuk melakukan semuanya sendiri. Manfaatkanlah segala bantuan yang ada.

Dorong kemandirian anak
playingLibatkan mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti melakukan pekerjaan rumah (membersihkan rumah, menyiapkan makanan) juga mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Sementara itu untuk anak usia dini, kita bisa mendorong anak agar bisa bermain sendiri dengan memberikan permainan yang sifatnya open-ended dan sesuai dengan kemampuannya.

Luangkan waktu untuk berkegiatan di luar ruangan di pagi hari
go outside
Luang waktu berkegiatan pagi hari seperti Menghirup udara segar, berolahraga sejenak dan mendapatkan paparan sinar matahari bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik dan tidak mudah stres

Berdoa
Yang paling penting juga berdoa kepada Tuhan yang Maha Kuasa memohon agar bisa diberikan kesabaran dalam menjalani ini semua.

Aisha Salsabila menyadari bahwa tidak hanya orang tua yang stres dengan situasi ini, anak-anak pun bisa stres. Untuk mengatasi anak-anak stres akibat jenuh di rumah, ia mengatakan, sebaiknya para orang tua bisa coba mengatur jadwal bersama anak.

Bagi anak usia dini, kita sendiri yang menentukan sementara untuk anak usia sekolah, bisa didiskusikan dan disepakati bersama. Kapan saatnya beristirahat, belajar, bermain bersama orangtua, bermain sendiri, dan lain-lain.

Jangan lupa untuk menyediakan waktu melakukan aktivitas di luar rumah setiap harinya, seperti berkebun atau berolahraga bersama.

Di akhir pekan saat waktu orangtua lebih senggang, orang tua bisa mencoba melakukan kegiatan baru bersama anak seperti memasak resep baru bersama-sama atau mengikuti kegiatan/ kelas virtual bersama.

Ia menjelaskan, sekarang sudah banyak juga kelas-kelas virtual yang bisa memberikan pengalaman/ mengajarkan skill baru dan menyenangkan bagi anak sehingga anak pun tidak bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja.

Misalnya, bagi anak usia dini bisa coba ikut kegiatan #klubceritariang yang diadakan oleh @rumah.bambini atau playdate virtual yang akan launching dan yang paling penting jangan lupa juga untuk berkomunikasi dengan anak, menanyakan pendapatnya tentang hal apa yang ia butuhkan atau yang bisa dilakukan bersama-sama.

Ia menuturkan, masa pandemi dengan berbagai tantangannya memang bukanlah hal yang mudah untuk dihadapi, terlebih pandemi ini tidak tahu kapan berakhir.

Tapi Encik dan Puan semua punya pilihan untuk tetap bersabar dan sadar penuh dalam menjalani semua ini, agar bisa tetap memberi pengasuhan terbaik bagi sang buah hati.

Itulah beberapa kiat bebas stres bagi orang tua dalam menjalani parenting selama Covid19, semoga bisa Encik dan Puan terapkan dalam menjalani masa sulit saat ini.