Tips Untuk Para Orangtua Lindungi Anak Dari Corona

277
Lindungi Anak Dari Corona

Merebaknya wabah Virus Corona tentunya telah menimbulkan kekhawatiran bagi semua pihak, terutama bagi para orang tua. Berikut ini beberapa langkah untuk Lindungi Anak Dari Corona:

Cuci tangan dengan sabun secara rutin

Biasakan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan atau setelah beraktivitas di luar rumah. Untuk membangun kebiasaan ini, orangtua bisa memberikan contoh kepada anak cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Buatlah suasana yang menyenangkan agar anak tertarik dengan rutinitas tersebut salah satunya bisa dengan menirukan gerakan sambil bernyanyi.

Biasakan menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk

Ajarkan anak untuk selalu melakukan prosedur hygiene saat sedang batuk ataupun bersin yaitu dengan menggunakan siku bagian dalam untuk menutup mulut dan hidung.

Kita tahu bahwa anak-anak mungkin terbiasa langsung menyeka hidung menggunakan tangan mereka saat pilek atau batuk tanpa menutup mulut.

Nah, untuk mengajarkan mereka caranya bisa dengan menciptakan gerakan yang mudah ditiru atau mencari referensinya di Youtube atau aplikasi lainnya.

Membatasi interaksi dengan orang yang sedang batuk pilek

Berikan pemahaman kepada anak untuk tidak berinteraksi dengan orang yang sedang batuk pilek agar tidak mudah tertular virus karena tidak semua orang yang sedang sakit memiliki kesadaran untuk membatasi interaksi dengan orang lain.

Jadi, untuk meminimalisir resiko tertular virus maka sebaiknya kitalah yang berinisiatif untuk menjaga jarak terutama anak-anak yang belum paham akan hal tersebut.

Mengajari anak untuk tidak menyentuh area sensitif sembarangan

Ajarkan anak-anak untuk tidak sembarangan menyentuh area sensitif seperti mata, hidung dan mulut.

Karena saat sedang bermain atau beraktivitas lainnya terkadang anak bisa saja menyentuh benda-benda kotor jadi kita tidak bisa memastikan kebersihan tangan mereka.

Encik dan Puan harus selalu memastikan tangan anak-anak selalu dalam keadaan bersih. Selain rajin mencuci tangan, anak-anak juga sebaiknya diajarkan menyeka mulut dan hidung menggunakan tisu. Serta jangan lupa untuk membuang bekas tisu agar virus tidak menyebar.

Memastikan bahwa anak telah menerima vaksin flu

Untuk memperkuat daya tahan tubuh anak agar lebih kebal terhadap serangan virus, tidak ada salahnya untuk memberikan vaksin flu terhadap anak Encik dan Puan.

Selain itu, untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh anak agar lebih kuat bisa dilakukan dengan membiasakan pola hidup sehat seperti olahraga, menjaga pola makan dan tidur yang cukup.

Mengajari anak untuk tidak sembarangan menyentuh benda di tempat umum

Jika encik dan Puan terpaksa membawa anak-anak ke ruang publik, selalu awasi anak-anak agar tidak sembarangan menyentuh benda-benda di tempat umum.

Karena pada dasarnya anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap benda di sekitarnya. Untuk mengurangi resiko penularan, Encik dan Puan bisa memakaikan sarung tangan pada anak saat berada di luar.

Selain itu juga selalu sediakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan anak saat memegang benda-benda di tempat umum.

Lakukan isolasi mandiri

Isolasi mandiri (self isolation) merupakan salah satu anjuran dari Pemerintah agar kita terhindar dari penularan virus corona atau Covid-19.

Usahakan untuk tidak membawa anak keluar rumah jika tidak ada hal yang sangat urgent. Hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran virus.

Untuk menghidari kejenuhan pada anak saat karantina, Encik dan Puan bisa lakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

Demikian cara Lindungi Anak Dari Corona. Jika semua upaya pencegahan telah Encik dan Puan lakukan, namun sewaktu-waktu Encik dan Puan ataupun anak-anak menunjukkan gejala terinfeksi yang mirip virus corona seperti demam tinggi, sesak nafas, dan batuk maka segera periksa ke dokter ya.